Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081344259201, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Selasa, 10 September 2013 06:44

Dubes Norwegia Bertemu Sekda Jayapura Bahas Perlindungan SDA

Ditulis oleh  redaksi binpa
Taksir item ini
(0 pilihan)

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien saat menyambut kedatangan Dubes Norwegia, di Kantor Bupati Jayapura, Senin (9/9) kemarin. SENTANI - Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Drs. Yeri F. Dien, Senin (9/9), menerima kunjungan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, Mr. Stig Traavik bersama Country Maneger Unodc, Troels vester serta rombongan.
Sekretaris Daerah, Yeri Dien dalam amanatnya mengatakan, kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama Pemerintah Norwegia melalui Duta Besarnya ke Kabupaten Jayapura.
“Kunjungan Duta Besar Norwegia ke Kabupaten ini merupakan wujud nyata perhatian dan kepedulian pemerintah Norwegia dalam pengelolaan dan perlindungan terhadap Sumber Daya Alam di Papua,” ujarnya.
Menurut Sekda, kedatangan mereka juga untuk mengetahui kawasan hutan yang penting untuk dijaga kelestariannya adalah kawasan Cagar Alam Cycloop.
Sekda menjelaskan, luas kawasan ini 22.500 HA, berada pada dua wilayah administrasi pemerintahan yaitu Kabupaten Jayapura 15.066,02 ha dan sisanya berada di wilayah adminsitrasi pemerintahan Kota Jayapura.

“Cagar alam Cycloop merupakan strategis karena selain sebagai sumber air utama bagi penduduk Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, juga mempunyai flora dan fauna yang endemik,” katanya. Dengan demikian, lanjut Yerry, bahwa berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Kabupaten Jayapura untuk menjaga kelestarian Cagar Alam Cycloop, seperti rehabilitasi hutan dan lahan, pembentukan kelompok-kelompok binaan, penyuluhan pemasangan papan imbauan dan pembentukan satgas pengamanan Cagar Alam Cycloop.
Sementara itu, Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Mr. Stig Traavik menyatakan, hutan Papua sangat penting bagi dunia, sehingga mereka datang ke Papua untuk mengimbau agar tetap menjaga lingkungan yang ada di Papua, khususnya yang ada di kawasan Cagar Alam Cycloop ini.
‘’Program perlindungan lingkungan hutan ini sangat penting untuk dilakukan secepatnya bagi masyarakat Papua, itulah sebabnya kami datang memberikan semangat bagi masyarakat Papua menjaga kelestarian alamnya,’’ akunya.
Lebih lanjut dijelaskan, bahwa pemerintah Norwegia sangat tertarik dengan hutan di Papua yang masih terjaga dengan baik oleh masyarakat. “Saya berharap bisa memberikan sesuatu yang baik untuk masyarakat Papua khususnya untuk hutan,” harapnya. (Loy/Bom/Lo2)

Baca 599 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task