Yang Tersisa dari Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 530 Bamuskam

0
63

Dimanfaatkan Masyarakat Untuk Tanya Jawab dengan Forkopimda

16 Distrik  Dan 106 Kampung Miliki 530 Orang Bamuskam Baru “Bupati Yapen bersama seluruh unsur Forkopimda, selama 9 hari mengikuti Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji di Distrik dan Kampung dan menginap di Kampung secara bergantian dan menempuh 16 Distrik harus melalui darat dan laut”.  Berikut  catatannya.

Thamrin-Bintang Papua.

Seiring berakhirnya masa tugas bhakti Pimpinan dan anggota Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) periode 2010-2016 pada 106 Kampung di 16 Distrik Se-Kabupaten Kepulauan Yapen, Pemerintah setempat melalui Bagian Pemerintah Kampung Setda Yapen yang dipimpin Aser Pongrate dan seluruh stafnya harus menyiapkan aparat Bamuskam karena itulah mereka bekerjasama dengan Distrik dan Kampung merekrut 5 orang masyarakat per Kampung untuk menduduki jabatan, Ketua, Sekretaris dan anggota Bamuskam periode 2016-2022.

Alhasil, sebanyak 530 orang yang menjabat sebagai Pimpinan dan anggota Bamuskam masa bhakti 2016-2022, sudah resmi dan sah terbentuk sesuai Surat Keputusan Bupati untuk 16 Distrik dan 106 Kampung, sebagaimana yang berlangsung pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan dan Anggota yang di pusatkan di Ibukota 16 Distrik masing-masing selama sembilan (9) hari.

Guna menghadiri Pelantikan dan pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan dan anggota Bamuskam di Distrik, kekompakan dan kebersamaan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menyambangi 16 Distrik baik lewat darat dan lewat laut diperlihatkan semua unsur Forkopimda, karena semua Forkopimda hadir bersama-sama, mulai Bupati, Ketua DPRD, Kajari, Kapolres, Dandim dan Ketua Pengadilan. Pantauan Bintang Papua, Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP.

Darma yang baru menjabat kurang lebih 16 hari, memberikan nuansa baru dan kekompakan di tingkat Forkopimda. Sehingga tempat kegiatan di Kampung dan Distrik untuk pelantikan Pimpinan dan Anggota Bamuskam, semuanya berlangsung aman dan tertib dan disambut masyarakat secara baik sekalipun masyarakat belum mengenal satu persatu jajaran Forkopimda. Sehingga Pelantikan dan pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan dan Anggota Bamuska, sekaligus perkenalan para jajaran Pimpinan Daerah kabupaten Kepulauan Yapen di 16 Distrik, sehingga masyarakat yang tinggal di Kampung mengenal langsung siapa jajaran Pimpinana Daerah.

Kesempatan lebih dekat masyarakat dengan jajaran Pimpinan Daerah, dimamfaatkan masyaraka dengan ruang tanya jawab antara Masyarakat dan Unsur Forkopimda, usai pelantikan Bamuskam. Silih berganti masyarakat bertanya kepada jajaran Muspida, dan pertanyaan masyarakat tersebut mendapat hasil yang memuaskan dari seluruh jajaran Muspida. Kapolres Yapen, AKBP.

Darma selain memperkenalkan dirinya, ia memaparkan tentang Kamtibmas dan mengajak seluruh masyarakat untuk memerangi Narkoba, dan ajakan masyarakat supaya menciptakan suasana yang aman dan kondusif menjelang Pilkada hingga Pemungutan suara. Sementara Kajari Frengki mengajak seluruh Kepala Kampung dan Bendahara Kampung agar mengelola dana Kampung sesuai rencana dan program Kampung yang ada.

Dana Kampung jangan melenceng dari Programnya, karena laporan penggunaan dana Kampung yang masum ke Kajari terus ada. Karena itu ia mengharapkan Kepala Kampung dan Bendahara hendaknya mengelola dana Kampung sesuai programnya. Ditempat yang sama Dandim Wibowo mengajak seluruh warga masyarakat di Yapen agar menjadikan perbedaan menjadikan satu kekuatan penuh dalam segala lini. Bahkan ia memuji keramahan dan kebersamaan warga masyarakat di Kepulauab Yapen.

Sedangkan Ketua Pengadilan Negeri Serui, Yance Patiran meminta tegas Bamuskam supaya melaksanakan tugas secara baik yaiti mengawasi kinerja Kepala Kampung, Bendahara dan aparatnya dalam menggunakan atau mengelola dana Kampung. Bamuskam adalah alat kontrol di Kampung untuk mengawasi kinerja Kepala Kampung dan aparatnya.

Bupati kabupaten kepulauan Yapen, mengakui kekompakan dan kebersamaan seluruh Muspida di pelbagai kegiatan kian terbukti. Sehingga pelantikan dan pengambilan Sumpah/Janji Bamuskam di 16 Distrik, bersama-sama hadir, baik menggunakan transportasi darat dan moda angkutan laut.

Selama 8 hari, Bupati bersama Muspida bersama-sama berada Distrik guna menghadiri pelantikan, beberapa hari harus bermalam Distrik untuk tugas dan pengabdian mereka, sesuai kondisi Distrik dan Kampung, dan perjalanan moda angkutan laut, kadang tidak menentu, sedikit gelombang dan kadang teduh, sedangkan moda darat sampai di ujung Timur Kampung Wodasma, kurang lebih 4 jam perjalanan dari Kota Serui dengan kondisi bahu jalan yang belum bagus dan penuh goyangan ketika memasuki bahu jalan yang berlobang dan kondisi jembatan yang memprihatinkan apalagi bahu jalan belum di aspalnya, kadang orang yang tidak tahan bepergian lewat darat akibat guncangan gelombang dan bahu jalan yang tidak bagus sering membuat kita mabuk.

Karena itulah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen terus mengenjot pembangunan Infrastruktur jalan, dengan harapan jalan lingkar atau jalan Trans Yapen akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018 semuanya kawasan sudah terhubungkan.

Sehingga beban dan ancaman selama bepergian di laut apalagi musiman ombak laut, kelak nanto tidak lagi penghalang bagi masyarakat ketika bepergian, seiring jalan darat sudah terhubungkan semuanya. (Tamrin/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*