Wartawan Harus Turut Bertanggungjawab Sejahterakan Rakyat

0
4

JAKARTA – Direktur Pemberitaan Metro TV, Suryoprato yang juga sebagai wartawan Senior menghimbau kepada wartawan di berbagai daerah di Indonesia agar turut bertanggungjawab mensejahterakan rakyat. “Wartawan wajib memperhatikan kinerja pemerintahan yang mempunyai APBD dalam mendorong pertumbuhan Ekonomi. Disisi lain, wartawan punya tanggungjawab untuk mensejahterakan rakyat,” kata Suryopratomo saat membagikan pengalamannya bersama 220 wartawan dari 24 perwakilan BI Indonesia di Gedung Thamrin, Selasa (11/10/2016).

Menurutnya, menjadi wartawan ekonomi sangatlah tidak mudah karena ekonomi selalu berkaitan dengan persoalan fiskal dan moneter yang berada di tangan Pemerintah, yang mempunyai APBN untuk mendorong pertumbuhan.

Dimana sebagai Bank Sentral, BI menjadi bahan pengendali kebijakan moneter baik melalui kebijakan ekspansif maupun kontraktif. “Kebijakan ini juga menjadi peran para wartawan dalam menganalisis setiap perkembangan kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh BI,” katanya

Iapun menghimbau kepada wartawan untuk tetap selalu haus akan ilmu dan tetap terus belajar tanpa berhenti. “Wartawan bukan dinilai dari jabatan tapi dari karya tulisnya yang berhasil menemukan data dan fakta,” katanya.

Mengenai adanya inflasi yang dihadapi setiap daerah, jelas Suryopratomo, bahwa terjadi inflasi dikarenakan karena pasokan dan permintaan tidak seimbang. “Itu terjadi karena banyak tangan-tangan kotor yang bermain. Dimana ekonomi saat-saat ini penuh dengan isu,” katanya. (Nia/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*