Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081344259201, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Jum'at, 30 Januari 2015 00:01

Kapal Pesiar Lady Day Masuk Perairan Saireri 

Ditulis oleh

Kapolres Yapen, AKBP. Azis Ardriyansah, SIk, SH bersama passengger dan crew kapal pesiar Lady Day di pelabuhan Serui. SERUI – Kapal pesiar Lady Day asal Negara Thailand memasuki perairan Saireri tepatnya di pantai Ambai, tanpa ada konfirmasi kepada pemerintah daerah, sehingga membuat tim terpadu kelautan Yapen Yapen Dinas Kelautan dan Perikanan, Polair dan Sabandar langsung berkoordinasi guna menindaklanjuti informasi yang mereka terima. Alhasil, pengejaran terhadap kapal pesiar dilakukan tim gabungan dengan menggunakan speed boat Polair. 

Tepatnya di kawasan pantai Sarawandori, tim menemukan kapal pesiar dengan kecepatan rendah. Kemudian tim naik ke atas kapal pesiar, guna melakukan pengecekan terhadap isi kapal. Ternyata setelah pengecekan, di dalam kapal tidak di temukan hal-hal yang menjurus ke illegal fishing.

Namun demikian, tim terpadu laut Yapen, meminta ijin kepada crew dan nakhoda kapal untuk putar arah menuju pelabuhan Serui, guna melakukan pemeriksaan dokumen dan ijin-ijin berlayar. Hal ini, dibenarkan Kapolres Yapen, AKBP. Azis, S.Ik., S.H., kepada Bintang Papua, di kantor Sabandar, Kamis siang kemarin.

“Dokumen dan ijin kapal pesiar Lady Day semuanya resmi dari pemerintah pusat, bahkan dalam ijin mereka itu, setelah menyinggahi berbagai daerah dan provinsi, setelah dari Raja Ampat, tujuan mereka masuk ke Yapen Serui,” kata Azis. 

Kamis, 29 Januari 2015 01:17

Sekda Nussy: Kadistrik Jangan Bermain Raskin

Ditulis oleh

Sekda Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM bersama Kadistrik, Sekretaris Distrik Yawakukat.SERUI – Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy menekankan beras miskin yang peruntukkannya bagi masyarakat yang tidak mampu, hendaknya didistribusikan masing-masing Kepala Distrik secara efektif dan eifisen. Disamping itu, para Kadistrik yang sudah mendapat plafon raskin setiap tahunnya, jangan mencoba-coba bermain dengan raskin, namun sebaliknya pendistribusiannya bagi warga miskin harus tepat sasaran. 

“Dengan demikian, unek-unek warga masyarakat yang selama ini mengeluh karena disinyalir bahwa raskin tidak tepat sasaran, sebagaimana atas berbagai laporan masyarakat, tidak boleh itu terjadi,”ungkap Sekda, Rabu (28/1).

“Ke depan saya tidak ingin mendengar bahwa pengelolaan raskin tidak tepat sasaran, tetapi saya yakin para Kadistrik yang baru akan mendistribusikan raskin tepat sasaran,”sambungnya lagi, ketika rapat koordinasi Bupati dengan para Kadistrik.

Kamis, 29 Januari 2015 01:13

Distrik Yawakukat Gelar Musrenbang Kampung

Ditulis oleh

Kadistrik Yawakukat bersama istrik, Sekretaris Distrik bersama istri ketika foto bersama dengan para Kepala Kampung Yawakukat. SERUI – Musyawarah rencana pembangunan Kampung untuk Distrik Yawakukat selama dua hari sudah selesai berlangsung, mulai Senin-Selasa (26-27/1), di Kantor Distrik Yawakukat. Hasil Musrenbang tersebut satu atau dua hari akan disampaikan ke pemerintah melalui Bappeda. Hal itu disampaikan, Kadistrik Yawakukat, Drs. Paris Damanik kepada Bintang Papua, di Serui.

“Musrenbang Kampung di Distrik Yawakukat yang terdiri dari 7 Kampung, kami sudah selesaikan Musrenbang selama dua hari,” katanya.

Rabu, 28 Januari 2015 01:06

Pembangunan Kampung Harus Diprioritaskan

Ditulis oleh

Suasana  kegiatan Musrembang Kampung Menawi  yang dihadiri tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan. SERUI – Pemerintahan Kampung adalah kepanjangan tangan dari pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan diberbagai bidang bagi masyarakat. Demikian ungkap Kepala kampung menawi Distrik Angkaisera, Mosez Kaiba, dalam kegiatan Musrembang yang digelar di balai Kampung Menawi, Selasa (27/1).

Dikatakan, pembangunan pada tingkat kampung adalah wujud nyata pemerataan pembangunan ditengah-tengah masyarakat yang dananya bersumber dari APBD maupun APBN, namun sebelum direalisasikan maka perlu dilakukan musyawarah bersama di tingkat kampung atau yang lebih dikenal dengan Musrembang.

Mosez Kaiba menerangkan, Musrembang tingkat kampung digelar setahun sekali yang mana membahas tentang kegiatan pembangunan di kampung yang dikerjakan dalam satu tahun anggaran. Selama ini masyarakat di kampung-kampung telah banyak mengusulkan berbagai kegiatan dalam menunjang kehidupan masyarakat dalam bentuk program-program kerja, namun masih banyak pula yang belum terealisasikan.

Selasa, 27 Januari 2015 00:32

Kadistrik Diharapkan Selalu Berada di Tempat Tugas

Ditulis oleh

SERUI – Banyaknya laporan masyarakat atas keberadaan para Kepala Distrik yang sering tidak berada di tempat tugas, mendapat sorotan tajam dari Wabup Yapen, Frans Sanadi, B.Sc., S.Sos., MBA., Seiring itulah, ketika rapat koordinasi Bupati, Wabup, Sekda, para Asisten bersama Kepala Distrik dan Kepala Lurah, Wabup Sanadi secara tegas meminta kepada seluruh Kepala Distrik dan Kepala Lurah agar tidak keseringan meninggalkan tugas. 

Sebaliknya, sebagai pejabat yang baru dilantik, mulai sekarang harus tulus dan iklhas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memimpin wilayahnya, bukan sebaliknya, malah mengulang berbagai keburukan para Kadistrik yang tidak betah di tempat tugasnya, sehingga selalu mangkir dari kantor.

“Sikap-sikap yang tidak bisa diteladani para Kadistrik yang baru dari yang terdahulu harus dibuang, dengan demikian saya optimis bahwa Distrik yang dipimpin seorang Kadistrik akan maju dan bertumbuh sebagaimana visi dan misi saya bersama bapak Bupati yaitu Yapen yang

maju, nyaman dan sejahtera,” katanya.

SERUI – Bupati Yapen, Tonny Tesar, S.Sos., meminta kepada seluruh Kepala Distrik dan aparatur kampung supaya bekerja secara baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Disamping itu, tak kala penting lagi, semua Distrik harus memiliki atau menyiapkan data penduduk yang akurat ke depan. Sehingga, ketika jumlah penduduk di masing-masing Distrik sudah terdata secara baik, maka angka penduduk di daerah tersebut dapat diketahui dan mempermudah apabila diperlukan dalam pengambilan kebijakan maupun keperluan pemilihan umum. 

Hal ini sebagaimana ungkap Bupati ketika memimpin rapat koordinasi, Senin (26/1), bersama

Kadistrik, Kepala Lurah, di ruang pertemuan Sekda.

“Sampai sekarang berapa sebenarnya jumlah jiwa penduduk kita belum kita ketahui secara benar. Sehingga saya minta Kepala Distrik dan aparat Distrik supaya melakukan pendataan penduduk kepada warganya secara efektif dan efisien, sehingga jumlah penduduk di masing-masing

Distrik ke depan angkanya tidak diraba-raba lagi,” katanya.

Selasa, 27 Januari 2015 00:30

Perempuan Miliki Peran Penting dalam Pembangunan

Ditulis oleh

Dari Musyawarah GOW Kepulauan Yapen 

SERUI – Kaum wanita di era emansepasi  dewasa ini memiliki kesamaan hak dan derajat dengan kaum pria yang ikut memberi andil dalam pelaksanaan pembangunan bangsa dalam karya maupun karsa. Demikian sambutan Bupati Kabupetan Kepulauan Yapen, Tony Tesar,  yang dibacakan Asisten II Setda Drs.Titin Pasodung dalam kegiatan Musyawarah ketiga Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Yapen yang berlangsung di gedung Bunda Irian, Serui, Senin (26/1).

Dikatakan, kesetaraan gender yang menempatkan posisi kaum wanita tidak lagi terpuruk dan rendah di mata publik sehingga saat ini sudah setara dengan kaum pria,untuk itu demi mempertahankan hal tersebut maka eksistensi kaum wanita perlu dimanfaatkan secara berkesinambungan agar peran dan kapasitasnya benar-benar berfungsi nyata sebagai salah satu pilar dalam memperkokoh pembangunan disegala bidang.

Selasa, 27 Januari 2015 00:27

Dinkes Yapen Fokus Distribusi KPS ke Puskesmas

Ditulis oleh

JAYAPURA – Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua, memfokuskan pendistribusian Kartu Papua (KPS) ke Puskesmas yang ada di wilayah tersebut.

“Kami sudah bagikan KPS yang dikasih dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua yang pendistribusian melalui tim dari Unit Percepatan Pembagunan Kesehatan Papua (UP2KP) tahun lalu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen Efraim Aloysius Osok ketika dihubungi dari Jayapura, Senin kemarin.

Menurut Efraim, pendistribusian kartu sehat itu difokuskan ke masing-masing Puskesmas yang berada di daerah itu dan disesuaikan dengan penomoran kartu per wilayah yang sudah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Papua.

Hal serupa juga disampaikan Since, penanggung jawab pendataan dan pendistribusian KPS di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Kami sudah didistribusikan kartu sehat itu dan disesuaikan dengan penomoran kartu sesuai distrik, misal kode Distrik Yapen Selatan, kode distriknya 06-60 kampungnya apa, sudah kami sesuaikan,” kata Since saat dikonfirmasi.

Minggu, 25 Januari 2015 23:53

Nelayan Asal Serui Ditemukan

Ditulis oleh

Setelah Hanyut dan Terombang-ambing di Perairan RI-PNG Sejak 13 Januari

JAYAPURA - Seorang nelayan asal Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, bernama Elisa Pihahei (50) ditemukan dalam keadaan hidup oleh nelayan Kota Jayapura, setelah hanyut dan terombang-ambing diperairan perbatasan RI-PNG sejak 13 Januari lalu.

“Telah ditemukan seorang nelayan dari Serui, Kampung Pom Serewen yang hanyut hingga di perairan perbatasan RI-PNG,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Patrige di Kota Jayapura, Minggu kemarin.

Kabid Humas mengemukakan informasi penemuan nelayan asal Serui itu diterima pada Sabtu (24/1) sekitar pukul 18.00 WIT dari seorang nelayan di Pasar Pelelangan Ikan (PPI) Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Halaman 1 dari 126