Warga Sarawandori Produksi Makanan Berbahan Rumput Laut

0
15

Biak – Warga Kampung Sarawandori, Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua, memproduksi aneka makanan berbahan baku rumput laut hasil budi daya di perairan setempat.

Pembina kelompok budi daya rumput laut Kampung Sarawandori, Gerard Wayeni ketika dihubungi dari Biak, Minggu, mengatakan makanan berbahan baku rumput laut yang diproduksi diantaranya tepung rumput laut, kripik crispi, pentolan bakso, mie serta es rumput laut.

“Hasil produksi olahan rumput laut kelompok usaha perempuan sudah dipasarkan ke berbagai kota Serui, dengan usaha olahan rumput laut ini mereka mampu menghasilkan uang buat keperluan keluarga,” kata Gerard Wayeni yang juga Kepala Kampung Sarawandori.

Ia berharap makanan olahan berbahan baku rumput laut itu akan lebih diminati konsumen berkat kemasan yang bagus yang didukung peralatan uang memadai.

Produk makanan berbahan rumput laut itu juga menjadi sumber protein untuk warga setempat.

“Dengan budi daya rumput laut itu warga Sarawandori bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya.

Gerard menambahkan kelompok usaha rumput laut dibentuk pada 2005 dan 2006 sebagai ide Freddy Numberi, Menteri Kelautan dan Perikanan di era kabinet pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Dengan dukungan perairan Kepulauan Yapen 69 kepala keluarga di Kampung Sarawandori menjalankan usaha budi daya rumput laut hingga dikemas menjadi produk makanan olahan,” ujarnya.

Produk makanan berbahan baku rumput laut itu dijual dengan harga Rp10.000 hingga Rp25.000/unit.(ant/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*