Walikota Bitung Ingatkan ASN Hindari Pungutan Liar

0
2
Foto: Walikota Bitung
Foto: Walikota Bitung

BITUNG – Walikota Bitung Maxmiliaan J Lomban mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) tidak meminta uang saat melakukan pelayanan pada masyarakat.

Dalam rapat bersama seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Jumat, di Bitung Sulawsi Utara, Lomban menegaskan, dalam pelayanan publik atau pelayanan kepada masyarakat aparatur sipil Kota Bitung jangan coba-coba melakukan tindakan tidak terpuji tersebut.

“Sejak awal sudah diingatkan soal itu, sudah ada pejabat yang saya bebas tugaskan dan pegawai tersebut sementara proses pemecatannya, karena jangan main-main dengan ini,” kata Lomban.

Ia mengatakan, semua SKPD yang menangani objek pelayanan publik harus bekerja sesuai dengan prosedur yang ada sehingga seluruh proses perijinan yang dibutuhkan masyarakat jelas biayanya, lamanya waktu pengurusan.

Jika pengurusan dokumen dan ijin memang tidak dipungut bayaran maka tidak boleh ada pembayaran sama sekali.

“Masyarakat harus tahu akan berapa biaya perijinan yang ditentukan oleh SKD yang ada, sehingga tidak menimbulkan salah tafsir yang berdampak pada pungutan liar,” katanya.

“Jangan ada tambahan lainnya termasuk pungutan tidak resmi di sekolah khususnya yang mendapat BOS.apalagi berkedok komite sekolah, semua sudah ada petunjuk teknisnya,” tegasnya.

Lomban menambahkan, masyarakat kota Bitung harus melaporkan jika ada pegawai pemerintah daerah yang melakukan pungutan liar dengan cara menambah beban biaya yang seharusnya tidak perlu dibayarkan.(ant/tis)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*