Tim Nusantara Sehat Dikirim ke Papua Barat

0
75

Manokwari – Kementerian Kesehatan segera mengirim Tim Nusantara Sehat ke tiga kabupaten Provinsi Papua Barat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah tersebut.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Papua Barat Viktor Eka Nugraha di Manokwari, Sabtu, mengatakan, tim tersebut terdiri atas dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, apoteker, sanitarian atau kesehatan lingkungan, nutrisionist atau tenaga gizi, analis laboratorium dan tenaga kesehatan masyarakat.

Mereka akan disebar di tujuh Puskesmas Kabupaten Raja Ampat, Sorong Selatan dan Tambrauw. Masing-masing tim dengan jumlah bervariasi antara empat hingga tujuh orang.

Tim akan bertugas tiga kabupaten ini selama 2 tahun. Di Raja Ampat tim akan disebar Puskesmas Wejim, Warwanai dan Folley. Di Sorong Selatan Puskesmas Seremuk dan Saifi. “Sementara Kabupaten Tambrauw mereka ditempatkan di Puskesmas Kwoor dan Miyah,” kata dia.

Untuk mendukung program ini tujuh kepala Puskesmas yang memperoleh penempatan Tim Nusantara Sehat akan diundang ke Jakarta guna menyusun Rencana Usulan Kegiatan (RUK) Puskesmas tahun 2017.

Beberapa waktu lalu, pemerintah kabupaten Raja Ampat, Sorong Selatan dan Tambrauw sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Kesehatan. Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat Otto Parorongan pun menyaksikan penandatanganan tersebut.

“Sebelum diberangkatkan ke daerah Tim Nusantara Sehat batch-4 ini sudah dibekali dengan pelatihan di Pusdiklat Kodiklat TNI AD selama 31 hari. Mereka akan diberangkatkan sekitar pertengahan Oktober 2016,” ujarnya.

Dia mengutarakan program ini akan terus berlanjut. Setelah tim nusantara batch-4, Kemenkes juga akan menerjunkan tim batch-5.

“Mungkin sekitar Desember 2016 tim batch-5 akan menyusul. Mudah-mudahan Papua Barat bisa kembali mendapat jatah,” katanya.

Victor menambahkan, sebelumnya Papua Barat sudah menempatkan satu tim yang sama di Puskesmas Dorekhar Kepulauan Ayau Raja Ampat pada tahun 2015 dan satu tim pula di Puskesmas Fkour Sorong Selatan pada tahun 2016. (ant/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*