Suku Yali di Jayapura Komitmen Dukung Pembangunan

0
80

JAYAPURA – Kepala Suku Yalimo di Jayapura, Elius Wandik, S.Sos, M.Si, mengatakan, keluarga besar Kabupaten Yalimo di Jayapura menggelar syukuran dengan bakar batu, tidak lain karena telah suksesnya pemilihan dan pelantikan kepala suku Lapago.  “Acara syukuran ini merupakan hasil sumbangan dari Kepala Suku yang terpilih dari wilayah Yalimo, dan tidak ada sumbangan dari manapun. Jadi Kami dari keluarga Kabupaten Yalimo membuat syukuran sendiri,” ungkapnya kepada Bintang Papua di sela-sela syukuran di Tanah Hitam, Sabtu, (15/10).

  Dijelaskan, acara syukuran tersebut, juga sebagai wujud menandai adanya kebangkitan yang lebih kuat bagi masyarakat Yalimo khususnya di dalam berperan aktif di setiap kegiatan pembangunan di segala aspek kehidupan, baik itu di Kabupaten Yalimo sendiri maupun di Kota Jayapura serta Tanah Papua, yang menghasilkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera baik lahiriah maupun batiniah.

  “Kami warga Yalimo di Jayapura berkomitmen untuk mendukung penuh setiap kebijakan pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat Yalimo,” tegasnya.

  Sementara itu, Ketua Badan Formatur Rukun Keluarga Lapago, Jekson Yare, S.IP, menandaskan, lahirnya organisasi Rukun Keluarga Lapago (RKL) yang membawahi 10 kabupaten di Pegunungan Tengah, tidak lain merupakan hasil dari Musyawarah Tinggi Rukun Keluarga Jayawijaya (RKJ), pada 28 Mei 2016 lalu.

   Kegiatan syukuran tersebut bagian dari ungkapan rasa syukur keluarga Kabupaten Jayawijaya atas hadirnya RKL tersebut, Kabupaten Yalimo tidak memiliki kepala suku, yang ada hanyalah kepala suku RKJ yang membawahi 10 kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah, dan ini berlangsung sejak Tahun 1974.

  “Sejak RKJ dibentuk Tahun 1974 hingga Tahun 2016 sebelum Musyawarah RKJ digelar menghasilkan RKL ini, Suku besar Yali belum memiliki kepala suku besar. Suku Besar Yali itu meliputi Kabupaten Yalimo, Yahukimo, Pegunungan Bintang dan sebagian Mamberamo Tengah,” jelasnya.

  Tujuan syukuran berikutnya adalah semenjak RKJ dibentuk, baru kali ini anak dari Suku Besar Yali yaitu dirinya ditunjuk dalam forum resmi sebagai Pimpinan Sidang Musyawarah Tinggi Rukun Keluarga Jayawijaya, dan Ketua Badan Formatur RKL, bahkan dirinya dipercayakan warga Lapago untuk menjelaskan mengenai trik-trik dan mekanisme menjalankan roda organisasi kedepannya.

  Kepala Suku Besar Kabupaten Yalimo, Stefanus Waliyanggen, mengharapkan bahwa kepada para bupati dan para wakil rakyat di wilayah suku besar Yali agar memberdayakan para kepala suku agar turut bersama-sama secara optimal dalam melaksanakan kegiatan pembangunan baik di kabupaten-kabupaten di Pegunungan Tengah maupun di Provinsi Papua.

  “Saya harapkan para bupati dan wakil rakyat di Kabupaten Yalimo dapat memfasilitasi anggaran agar adat juga turut berperan membangun masyarakat adat, termasuk Bupati Yalimo diharapkan turut mendorong para kepala suku yang ada di 5 distrik di Yalimo untuk turut aktif dalam pembangunan,” bebernya.

  Ditandaskannya, jika para kepala suku dilibatkan aktif dalam pembangunan, tentunya kebijakan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah dipastikan berjalan dengan aman dan lancar, yang menghasilkan kesejahteraan bagi rakyat.(Nls/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*