Suku Aruisai Menyambut Baik Peresmian Distrik Persiapan

0
7
FOTO: Ketua Adat Suku Aruisai, Ones Wayoi saat menyampaikan sepatah dua kata atas diresmikannya Distrik Persiapan Aruisai di Kampung Pasir Putih. Ft. Binpa/Tamrin.
FOTO: Ketua Adat Suku Aruisai, Ones Wayoi saat menyampaikan sepatah dua kata atas diresmikannya Distrik Persiapan Aruisai di Kampung Pasir Putih. Ft. Binpa/Tamrin.

SERUI – Diresmikannya Distrik Persiapan Aruisai pemekaran Distrik induk Yapen Selatan oleh Bupati Tonny Tesar disambut baik para tokoh-tokoh dan masyarakat adat Suku Aruisai yang mendiami lima Kampung yaitu Kampung Pasir Hitam, Kampung Pasir Putih, Kampung Serui Laut, Kampung.

Distrik persiapan Aruisai, sudah 8 tahun kami perjuangkan bersama pemekaran Distrik lainnya, kini kami tidak lagi bermimpi dan menghayal Distrik Aruisai, melainkan Distrik Aruisai sudah berada di depan mata, yang tinggal menunggu waktu akan menjadi Distrik Defenitif.

Oleh karena itu, ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya  dari 5 Kampung suku Aruisai atas kepemimpinan Bupati Tonny dan Wabup Frans, yang begitu gigih dan memperjuangkan untuk menindaklanjuti keinginan dan aspirasi masyarakat untuk pemekaran Kampung dan Distrik.

Hal itu diungkapkan Kepala Suku Aruisai, Ones Wayoi dihadapan ratusan masyarakat dan para tokoh-tokoh Aruisai, yang turut hadir puka Bupati serta unsur Forkopimda, para pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten kepulauan Yapen. Lebih jauh Wayoi menegaskan bahwa peresmian Distrik Aruisai adalah murni aspirasi masyarakat yang ditindaklanjuti oleh pemerintah.

Sehingga berbagai tudingan oleh kelompok tertentu tentang pemekaran adalah gula-gula politik menjelang Pilkada, Wayoi tegas mengemukakan bahwa tudingan itu hanya ditunggangi oleh kelompok tertentu yang tidak senang atas kepemimpinan Tonny dan Frans, yang sudah memajukan Kabupaten Kepulauan Yapen di berbagai bidang, dan lebih fokus lagi pembangunan Infrastruktur jalan untuk menghubungkan seluruh jalan lingkar Yapen.

“Kita sudah menikmati pembangunan jalan, Serui sampai Dawai dan sekitarnya kemudian Serui sampai Papuma dan sebagian wilayah Utara, kita sudah bepergian lewat jalan darat begitu cepat. Inilah namanya perubahan yang nyata bukan hanya slogan dan mimpi lagi,” katanya.

Kesiapan dan kegigihan masyarakat 5 Kampung Suku Aruisai memperjuangkan pemekaran Distrik, lanjut Wayoi,  bukan baru ketika Bupati Tonny dan Wabup Frans memimpin, tetapi 8 tahun masyarakat dan panitia pemekaran memperjuangkannya, dan terjawab masa kepemimpinan Tonny-Frans.

Dikatakannya, bahwa kicauan kelompok tertentu yang tidak puas atas kepemimpinan Tonny -Frans yang menuding pemekaran tidak tepat adalah tindakan yang merugikan masyarakat sendiri, karena kelompok tertentu ini, tidak ingin melihat masyarakat maju dan sejahtera.

Oleh karena itu,Wayoi mengajak seluruh elemen dan seluruh tokoh masyarakat adat Suku Aruisai, supaya terus bekerjasama dengan pemerintah untuk mempercepat Distrik Arusai menjadi Distrik Defenitif. “Untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, kita harus terus mendukung program dan pembangunan yang ada,” ajaknya. (Tam/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*