Rutan Polres Jayapura Over Kapasitas

0
3
Foto : Ruang Tahanan (ist)
Foto : Ruang Tahanan (ist)

SENTANI – Kapolres Jayapura, AKBP. Gustav Robby Urbinas, S.Ik mengaku ruang tahanan,( Rutan) Polres Jayapura telah melebihi kapasitas. Bahkan rutan tersebut kurang memadai, lantaran fisik bangunan yang sudah tua, karena dibangun tahun 2004.

foto : Kapolres Jayapura, AKBP. Gustav Robby Urbinas, S.Ik
foto : Kapolres Jayapura, AKBP. Gustav Robby Urbinas, S.Ik

“ Kalau soal ukuran memang sudah relatif besar namun seiring berkembang zaman akhirnya membuat ruangan tahanan sempit dan dikecil apalagi saat ini jumlah tahanan tiap harinya bertambah mendekam didalamnya, bayangkan saja tersangka penganiayaan dan pembakaran di kampung putali tersangka berjumlah sekitar 27 orang dan semua masuk
kedalam rutan belum lagi ditambah tersangka lain hingga akhirnya melebihi kapasitas sekarang ini,” katanya kepada wartawan diruang kerjanya, kamis (13/10).

 

Gustav mengungkapkan, angka ideal bagi tahanan yang mendekam dirutan maksimal 30 orang namun kini berjumlah 42 orang, bahkan parahnya lagi pernah didalamnya tahanan berjumlah 60 orang. Lantaran sudah terlalu banyak akhirnya diinsiatif tahanan diserahkan kepada satuan-satuan masing-masing, seperti tahanan narkoba diserahkan ke bagian narkoba sedangkan tahanan lain dititipkan di rutan Polsek Kota Sentani dan Bandara.

“ Harapan tahun 2017 ada pengembangan ruang tahanan Polres Jayapura sebab yang menghuni bukan berkurang namun bertambah. Maka dari itulah, pihaknya akan bersurat ke Polda ataukan intansi lain dalam hal pemberian dana hibah. Disain sementara masih dikaji,” ungkapnya.

Untuk itulah kepada masyarakat sentani dan sekitarnya agar memahami ini secara betul-betul sebab pihaknya akan serius menangani kasus kejahatan, berapapun jumlah tersangka terlibat kriminal maka siap-siap mendekam dirutan,contohnya tersangka di Putali berjumlah 27 orang semua masuk kedalam rutan hingga rutan melebih kapasitas itu sebagai bentuk keseriusan Polisi untuk memproses kasus-kasus kriminal khususnya dijajaran Polres Jayapura,” ujarnya. (yft/tis)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*