Puluhan Irregular Migrant Ditampung di Imigrasi Jayapura

0
7
Foto/dok :  R. D. Siahaya, SH, MM
Foto/dok :  R. D. Siahaya, SH, MM

JAYAPURA – Senin, (8/8) Internasional Organization For Migration (IOM) Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Imigrasi, kepolisian dan kementrian/lembaga pemerintah daerah/kota melaksanakan sosialisasi peningkatan pemahaman keberadaan imigran (pengungsi dan pencari suaka) di seluruh Indonesia.

Imigran tidak teratur (irregular migrant) tersebut di Kota Jayapura sendiri, hingga saat ini terdapat puluhan irregular migrant yang ditampung di Rumah Detensi Imigrasi Jayapura, keberdaan mereka disini merupakan pindahan dari rumah detensi dan kantor imigrasi dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Oleh sebab itu, kami menyambut baik inisiatif Direktorat Jenderal  Imigrasidan Intenational Organization For Migration Indonesia yang melakukan sosialisasi kepada aparat pemerintahan terkait di lingkup Kota Jayapura,” ungkap Plh. Walikota Jayapura, R. D. Siahaya, SH, MM ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa, (9/8).

Menurutnya, sosialisasi ini memiliki arti penting dalam memberikan pemahaman bagi aparatur Pemkot Jayapura tekait mengenai keberadaan imigran tidak teratur yang berada di wilayah Kota Jayapura dan bagaimana penanganannya.
Juga sosialisasi ini sebagai ajang untuk memperkenalkan International Organization For Migration sebagai mitra Pemerintah Indonesia dalam penanganan irregular migrant serta untuk meilihat potensi-potensi kerja sama lainnya yang dapat dikembangkan di wilayah Kota Jayapura.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan agar seluruh peserta sosialisasi dapat memahami secara utuh isu-isu yang terkait dengan keberdaan  irregular migrant khususnya di wilayah Kota Jayapura.
“Diharapkan juga agar kegiatan ini menjadi awal bagi kolaborasi yang baik antara Pemkot Jayapura dengan Direktorat Jenderal Imigrasi dan Intenasional Organization For Migration Jayapura kedepannya,” ujarnya.
Untuk itu Pemkot Jayapura, menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Dirjen Imigrasidan Intenasioanl Organization For Migration yang telah menyelenggarakan kegaiatan ini.(Nls/aj)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*