Polres Jayapura Gelar Pasukan Jelang Pilkadsa 2017

0
27
foto :Kapolres Jayapura memeriksa kesiapan pasukan saat upacara gelar pasukan Pilkada di Lapangan Upacara Kantor Bupatri Jayapura, Gunung Merag Sentani, Sabtu (15/10) pekan kemarin. (tis)
foto :Kapolres Jayapura memeriksa kesiapan pasukan saat upacara gelar pasukan Pilkada di Lapangan Upacara Kantor Bupatri Jayapura, Gunung Merag Sentani, Sabtu (15/10) pekan kemarin. (tis)

SENTANI – Menjelan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak jilid II, 15 Februari 2017, termasuk Kabupaten Jayapura maka pihak Polres Jayapura melakukan kegiatan gelar pasukan di Halaman Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Sabtu (15/10) pekan kemarin.

Kapolres Jayapura, AKBP. Gustav Robby Urbinas, S.Ik dalam amanatnya menjelaskan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana-prasarana Polri beserta unsur terkait lainnya sebelum terjung di lapangan.

“Kami berharap supaya gelar pasukan ini dapat menjadi sebuah langkah awal guna menyiapkan segala hal yang akan menunjang tugas-tugas dari pihak kepolisian dan unsur-unsur terkait lainnya,” tandasnya.

Kapolres mengatakan, semua pihak dapat meningkatkan hubungan dan komunikasi diantara setiap elemen yang berkompeten lainnya seperti, KPU, Bawaslu, TNI/Polri, Pemerintah, pasangan calon dan Panwaslu, pendukungnya, Parpol, LSM, Pemerhati Demokrasi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama/ Perempuan dan media.

Lebih lanjut, kapolres menegaskan, seluruh jajaran untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak. Minimalisir segala tindakan kontra produktif yang justru dapat menciderai nilai-nilai demokrasi dan menurunkan citra Polri dimata masyarakat.

“Kami juga menghimbau kepada semua momponen di dareah ini untuk ikut bertanggungjawab menjaga keamanan dan ketertiban menuju pelaksanaan Pilkada serentak jilid II, 15 Februari 2017 mendatang,” himbau Kapolres Jayapura.

Dikatakan, kehidupan demokrasi telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk menyapaikan pendapat di muka umum dan diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan sebagai sebuah pesta demokrasi pada Pilkada serentak 2017.

Berkaitan dengan itu, lanjut Gustav, perlu adanya jaminan keamanan agar setiap tahapan Pilkada dapat berjalan damai pada konteks inilah peranan Polri dalam mengawal dan mengamankan Pilkada sangat dibutuhkan sebaba jika tidak maka kemungkinan kerusuhan di daerah lain akibat Pilkada bisa terjadi.

Gelar pasukan di lakukan dengan pasukan yang terdiri dari, satu pleton anggota Batlyon 751/R, satu pleton anggota Koramil Sentani, satu pleton anggota TNI AURI, satu pleton anggota Satpol PP, satu regu Damkar, satu regu RAPI Kabupaten Jayapura.

Sedangkan Polres Jayapura turunkan pasukan terdiri, satu pleton Propam, satu pleton Dalmas, satu pleton Sat Pol Air, satu pleton Sat Lantas, satu pleton Gabungan staf, satu pleton Bhabikamtimas, satu pleton gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Res Narkoba, satu regu Patwal, satu regu URC Sabhara dan sat regu Patroli Sepeda. (yft/tis)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*