Perbaikan Lampu “Runway” Bandara Kaisiepo Terkendala Kabel

0
17

Biak – Manajemen PT Angkasa Pura I sebagai pengelola otoritas Bandara Frans Kaisiepo Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, menyatakan upaya perbaikan lampu runway 11 yang dirusakkan oknum warga, terkendala pengiriman kabel khusus dari Jakarta.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Frans Kaisiepo, Minggus GT Gundiguai di Biak, Minggu mengatakan untuk memperbaiki lampu “runway” itu dibutuhkan kabel khusus yang telah dipesan dari Jakarta.

“Kabel khusus untuk perbaikan lampu ‘runway’ itu akan diangkut kapal Pelni, ya kami masih menunggu pengiriman kabel itu,” ujarnya.

Ia mengatakan kerusakan lampu “runway” harus dibayar mahal oleh manajemen PT Angkasa Pura I karena membutuhkan biaya perbaikan miliran rupiah.

Kerugian lain akibat rusaknya lampu “runway” itu menurut Minggus, pesawat Garuda Indonesia yang biasa mendarat pada subuh dini hari setiap hari harus mengundurkan jadwal kedatangan pada pukul 06.00 WIT.

“Perbaikan lampu yang dirusak membutuhkan waktu karena setiap komponen kabel yang dibutuhkan mempunyai spesifikasi khusus, ya belinya kabel bersangkutan harus dipesan di Jakarta,” ungkap Minggus.

Dia mengimbau semua elemen warga Biak Numfor untuk ikut menjaga fasilitas penerbangan dimiliki Bandara Frans Kaisiepo Biak karena merupakan kebutuhan keselamatan jasa penerbangan dalam menuntun arah pesawat mendarat ke bandara.

Menyinggung penutupan akses keluar masuk kendaraan mobil dan motor di area landasan bandara, menurut Minggus, sudah mulai dilakukan manajemen PT Angkasa Pura I sejak pertengahan September 2016.

“Dari 11 pimpinan GM PT Angkasa Pura I Bandara Frans Kaisiepo Biak yang menjabat di waktu kepemimpinan saya sudah melakukan pembenahan denga menutup akses jalan tikus menuju area bandara, ya ini semua untuk keselamatan penerbangan dan kepentingan pelayanan bandara Frans Kaisiepo,” kata Minggus.

Hingga Minggu, aktivitas pelayanan penerbangan di Bandara Frans Kaisiepo tampak normal, dan arus keberangkatan penumpang dari bandara Biak tujuan Makassar dan Jakarta dilayani penerbangan Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air.(ant/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*