Pemkab Tolikara Gelar Sosialisasi Standarisasi Harga Satuan Barang 2017

0
114
Foto: Para perserta Sosialisasi penyusunan standarisasi harga satuan barang dan jasa 2017 serta penyusunan analisa standar belanja 2017 Kabupaten Tolikara tahun anggaran 2016 bertempat di Aula GIDI Karubaga Tolikara selama 2 hari sejak Selasa,30-31 Agustus 2016. (humas)
Foto: Para perserta Sosialisasi penyusunan standarisasi harga satuan barang dan jasa 2017 serta penyusunan analisa standar belanja 2017 Kabupaten Tolikara tahun anggaran 2016 bertempat di Aula GIDI Karubaga Tolikara selama 2 hari sejak Selasa,30-31 Agustus 2016. (humas)

Karubaga- Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah menggelar Sosialisasi penyusunan standarisasi harga satuan barang dan jasa 2017 serta penyusunan analisa standar belanja 2017 Kabupaten Tolikara tahun anggaran 2016.
Kegiatan tersebut di gelar di Aula GIDI Karubaga Tolikara selama 2 hari sejak Selasa,30-31 Agustus 2016.
Sekretaris Daerah Kabupaten Tolikara Drs. Panus Kogoya diwakili kepala Inspektur Tepius Yikwa dalam sambutan pembukaannya mengatakan standar satuan harga barang dan jasa merupakan harga satuan setiap unit barang/jasa yang berlaku di suatu daerah harus di tetapkan dengan keputusan Bupati. Standar Harga Satuan ini sangat penting bagi pemerintah daerah karena penyusunan RKA dari setiap SKPD Tolikara harus berpedoman pada standar satuan harga sehingga proses penyusunannya sama dan lebih efisien,ekonomis, serta efektif. Selain penyusunan standar satuan harga dalam penyusunan yang sama juga menyusun Dokumen Analisa Standar Belanja yang di jadikan sebangai dokumen analisa dalam menyusun program dan kegiatan satuan kerja.
Sekda Kabupaten Tolikara Drs. Panus Kogoya berharap para peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini dari awal hingga selesasi dengan seksama dan sebaik mungkin. Sehingga materi yang diterimanya mampu diterapkan di SKPD masing – masing.
Sementara itu A. Aron Simanjuntak,SE,M.Si.Ak dari pusat studi perencanaan dan kebijakan publik Universitas Cenderawasih Papua menjelaskan penyusunan standar satuan harga dan analisa Standar Belanja di lakukan mengacu pada Undang – undang 23 2015 tentang pemerintahan daerah,peraturan pemerintah 58 2004 tentang pengelolaan keuagan daerah,permendagri 13 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah,serta Keputusan Bupati 188.4/148 2015 tentang analisis standar belanja Kabupaten Tolikara 2016.
Menurutnya setiap SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Tolikara bisa menyusun RKA dengan baik sama persis antara SKPD yang satu dengan SKPD yang lain jika memiliki panduan dokumen standar satuan harga yang jelas dan baku. Karena itu kami terus mendorong penyusunan Standar satuan harga dan analisis standar belanja setiap tahunnya agar semua program dan pelaksanaan pembangunan fisik dan non fisik di Tolikara berjalan lancar efektif,efisien.
Kegiatan sosialisasi standarisasi satuan harga dan analisis standar belanja tersebut di ikuti 78 peserta dari masing – masing SKPD 2 orang dan panitia pelaksana hingga kegiatan tersebut berakhir dengan tertip dan aman.(humas/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*