Papua Barat Siapkan Empat Penjabat Kepala Daerah

0
54

Manokwari – Pemerintah Provinsi Papua Barat menyiapkan empat penjabat kepala daerah yang masing-masing akan menjalankan pemerintahan di Kabupaten Tambrauw, Sorong, Maybrat, dan Kota Sorong.

Kepala Bidang Pemerintahan Biro Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat Baesawa Wael di Manokwari, Selasa, mengatakan empat daerah tersebut akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 17 Februari 2017. Penjabat Kepala Daerah akan diutus untuk memimpin sementara aktivitas pemerintahan di empat daerah tersebut.

“Saat ini kami sedang memproses berkas administrasi calon penjabat bupati Tambrauw. Masa jabatan Gabriel Asem-Yohanes Yembra sebagai bupati dan wakil bupati Tambrauw akan berakhir pada 29 Oktober 2016,” ujarnya.

Dia mengatakan Pemprov telah menerima hasil rapat paripurna DPRD setempat terkait pemberitahuan masa jabatan kepala daerah. Penjabat bupati akan ditugaskan untuk menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Tambrauw selama Pilkada berlangsung.

“Kami sedang memproses administrasinya, sambil menunggu gubernur memberikan nama pejabat yang akan ditempatkan sebagai caretaker bupati Tambrauw,” ujarnya lagi.

Dia mengatakan pengusulan carataker bupati Tambrauw menjadi prioritas karena masa jabatan kepala daerah harus berakhir pada 29 Oktober 2016. Pengusulan nama penjabat bupati Sorong, Maybrat, dan penjabat wali kota Sorong akan dilakukan seminggu sebelum KPUD setempat menetapkan nama pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada.

“Gubernur akan mengusulkan tiga nama dari pejabat tinggi pratama kepada Menteri Dalam Negeri untuk mendapatkan SK sebagai pelaksana tugas (Plt) kepala daerah,” kata dia lagi.

Dia menjelaskan, mengacu pada keputusan Mendagri Nomor 74/2016, bupati/wali kota yang akan menjalankan kampanye sebagai calon kepala daerah gubernur harus menunjuk pelaksana tugas (Plt) kepala daerah dari Pejabat Tinggi Pratama di tingkat Provinsi Papua Barat Baesara belum bisa membeberkan nama calon caretaker bupati Tambrauw serta tiga pelaksana tugas bupati Sorong, Maybrat, dan wali kota Sorong.(ant/don)a

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*