Musim Buruk Benitez Degradasi

0
1
Rafael Benitez.
Rafael Benitez.

JAKARTA – Musim 2015/2016 berjalan tak menyenangkan untuk Rafael Benitez.Setelah dipecat Real Madrid, Benitez bersama Newcastle United terdegradasi dari Premier League.

Bulan Juni 2015 lalu, Benitez resmi diangkat sebagai pelatih Madrid.Setelah meninggalkan Napoli, Benitez menerima pinangan Los Blancos untuk menggantikan Carlo Ancelotti.

Ditunjuk untuk melatih Madrid jadi kebahagiaan tersendiri untuk Benitez.Mantan manajer Liverpool itu merasa seperti pulang ke rumah sendiri.Dia bahkan terlihat emosional saat diperkenalkan secara resmi sebagai entrenador Madrid.”Ini adalah hari yang menyenangkan.Saya sudah kembali ke rumah.Saya sudah bersemangat,” ucap Benitez kala itu.

Namun perjalanan Benitez bersama Madrid hanya berlangsung singkat.Awal Januari 2016, Benitez dicopot dari jabatannya. Dikutip dari detikSPort.Dia diberhentikan menyusul hasil yang dinilai kurang memuaskan serta ketidakpopulerannya di mata suporter.Selain dianggap membuat permainan Madrid jadi kurang eksplosif, Benitez juga dikabarkan tak akur dengan sejumlah pemain.

Tapi Benitez tak terlalu lama menganggur.Bulan Maret 2016, pria berusia 56 tahun itu ditunjuk jadi manajer Newcastle menggantikan Steve McClaren yang dipecat.

Bersama Newcastle, Benitez menghadapi tugas yang tak bisa dibilang enteng. Dia dibebani misi untuk menyelamatkan The Magpies –yang kala itu baru mengumpulkan 24 poin– dari jerat degradasi dengan 10 pertandingan tersisa.

Sembilan pertandingan dijalani, Benitez mengantar Newcastle memetik 10 poin dari total 27 poin yang bisa diraih.Tapi itu tak cukup untuk mempertahankan Newcastle di Premier League.Kemenangan 3-0 Sunderland atas Everton, Kamis (12/5/2016) dinihari WIB, memastikan Newcastle dan juga Norwich City terdegradasi ke Divisi Championship.

Benitez tentu berharap bisa menuliskan cerita berbeda di musim depan. Meski sudah meneken kontrak tiga tahun dengan Newcastle, Benitez bisa pergi lantaran terdapat klausul yang membolehkannya hengkang jika Newcastle degradasi.(binpa/ari)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*