Motor-motor Honda Hilangkan Tuas dan Pedal Kopling

0
33
Foto/otoDetik : Mesin sepeda motor sport Honda tanpa pedal kopling.
Foto/otoDetik : Mesin sepeda motor sport Honda tanpa pedal kopling.

KOLN – Motor-motor sporty Honda ini terlihat aneh. Tidak ada tuas kopling di setang sebelah kiri, maupun juga di kaki, tidak ada pedal. Terus bagaimana cara mengendarai motornya?
Itulah teknologi yang diklaim Honda sebagai teknologi pertama yang dipasang di motor. Namanya DCT (Dual Clutch Transmission).

Honda memamerkan beberapa jenis motor yang sudah menggunakan transmisi DCT ini seperti Africa Twin, Integra, Crosstourer, NC750S, dan NC750X di pameran motor Intermot, di Koln Jerman, yang dihelat pekan lalu.

“Pada dasarnya, meski terlihat sebagai motor otomatis, DCT bukan transmisi otomatis. Memang kelihatannya seperti motor matik, tapi Anda harus mencobanya agar tahu bedanya,” ujar Manager Sales Planning and Marketing Motorcycle Honda Motor Eropa Peter-Christoph Schulz saat ditemui di Jerman.

Pengendara cukup menekan tombol pilihan transmisi manual atau otomatis ( MT atau AT) yang berada di setang bagian kanan.

Jika dipilih transmisi otomatis, untuk menjalankan motor setelah mesin diaktifkan, cukup menekan tombol D atau Drive dan untuk menetralkannya, cukup tekan tombol yang sama namun tepat di atas tanda N alias netral.

Jika yang dipilih transmisi manual, maka perpindahan gear atau gigi transmisi cukup dengan menekan tombol bertanda + (Plus) dan mengurangi tekan tombol bertanda – (Minus). Tombol ini berada di bagian kiri dari setang. Sistem kerjanya seperti paddle shifter di mobil bertransmisi ganda.

Sesuai namanya DCT merupakan sistem transmisi yang menggunakan kopling ganda. Satu kopling di gigi ganjil 1,3,5 dan satu lagi di gigi genap 2,4, dan 6.

Teknologi transmisi ini bukan hal yang baru di mobil. Produsen mobil Porsche dikenal sebagai yang mengembangkan teknologi ini. Namun untuk motor, Honda mengklaim mereka yang pertama. Honda pun sudah mengenalkan teknologi ini di Indonesia di moge NM4 Vultus.(detikOto/binpa/aj)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*