Menyimak Prestasi Kelurahan Dobonsolo Sebagai Kelurahan Terbaik

0
44

Juara I Lomba Kelurahan Tingkat Kabuten, Juara III Tingkat Provinsi

foto : Kepala Lurah Dobonsolo Distrik Sentani, Marthen Felle, S.Ip sedang menerima piala sebagai juara III pada lomba kelurahan tingkat Provinsi Papua, di Aula BPMPK Provinsi Papua yang di serahkan oleh salah satu staf BPMPK Papua, Rahmin.
foto : Kepala Lurah Dobonsolo Distrik Sentani, Marthen Felle, S.Ip sedang menerima piala sebagai juara III pada lomba kelurahan tingkat Provinsi Papua, di Aula BPMPK Provinsi Papua yang di serahkan oleh salah satu staf BPMPK Papua, Rahmin.

“Merebut Juara I Lomba Kelurahan di Kabupaten Jayapura dan Juara III Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Papua  selama dua tahun berturut-turut yakni tahun 2015 dan 2016  merupakan prestasi besar yang pernah dicapai dan patut untuk berbangga”

Oleh : YANPIET F. TUNGKOYE

Kelurahan Dobonsolo adalah salah satu kelurahan dari lima kelurahan yang ada di Kabupaten Jayapura. Letaknya juga sangat trategis karena berada tepat dalam Kota Sentani sehingga pengembangan dan kemajuan Kelurahan Dobonsolo berkembang cepat.

Kelurahan yang dalam wilayahnya terdapat sejumlah pusat pergerakan ekonomi seperti pasar dan pertokoan telah mengehentar Keluarah Dobonsolo berdasarkan data dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Jayapura menyebut sebagai kelurahan menghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar.

Untuk menjangkau ke Kelurahan Dobonsolo tidak terlalu sulit dan memakan biaya tinggi sebab keberadaan Kelurahan Dobonsolo danya terletak di tengah Kota Sentani sebagai ibukota Kabupaten Jayapura dan juga dekat dengan pintu masuk Papua yakni Bandar Udara (Bandara) Sentani.

Selain memiliki kemudahan-kemudahan seperti mudah di jangkau dan ketersediaan pusat perekonomian, di Kelurahan Dobonsolo juga terdapat penduduk  berbagai suku. Mulai dari suku Asli Sentani selaku pemilik ulayat, masyarakat Kabupaten Jayapura luar Sentani, suku Papua umumnya dan semua suku Indonesia.

Sehingga tidak berlebihan jika Kelurahan Dobonsolo dapat disebut Indonesia Mini. Perumahan-perumahan berupapa perumahan BTN telah menjamur di wilayah kelurahan tersebut sehingga menambah kemajuan yang pesat dalam berbagai bidan.

Dibawa kepemimpinan seorang anak asli Kelurahan Dobonsolo yang juga sebagai Ondoapi Kampung Yahim Sentani, Marthen Felle, S.Ip telah menata adminsitrasi dan pembangunan yang baik sesuai dengan perkembangan membuat Kelurahan Dobonsolo mencapai berbagai prestasi.

Salah satu prestasi utama sekaligus menjadi kebanggan warga adalah, menjuarai Lomba Kelurahan tingkat Kabupaten Jayapura secara berturut-turut yakni tahun 2015 dan 2016. Prestasi tersebut telah menghentar Kelurahan Dobonsolo menjuarai juara III Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Papua.

Kepala Lurah Dobonsolo, Marthen Felle, S.Ip yang ditemui Bintang Papua di ruang kerjannya, Sabtu ( 15/10) pekan kemarin mengatakan, prestasi yang di capai dengan menjuarai lomba kelurahan baik tingkat Kabupaten Jayapura maupun tingkat Provinsi Papua telah menghentar pihaknya memahami bahwa Keluarahn yang dipimpinya adalah yang terbaik.

“Kami sangat bangga karena bisa menjuarai lomba kelurahan. Juara berturut-turut yang kami capai ini menjadi  motivasi bagi kami sekalian baik pemerintah maupun warga untuk lebih giat lagi membangun kelurahan kami meunju kepada kemandirian dan kesejahteraan hakiki,” ujar Lurah Marthen.

Felle menjelaskan bahwa  dirinya selaku kepala lurah telah menginstruksikan kepada semua aparat di kelurahan mulai dari staf di kantor lurah hingga RT/RW untuk bersama-sama ikut bertanggungjawan menjaga prestasi tersebut dan jika perlu tahun 2017 Keluarahn Dobonsolo dapat mencapai juara I di tingkat Kabupaten Jayapura dan Provinsi Papua.

Menurutnya, ada sejumlah hal yang masuk dalam criteria penilaian yang belum dipenuhi oleh pihaknya kedepan akan diperbaiki sehingga semua criteria penilaian untuk menjuarai lomba kelurahan di tingkat Provinsi Papua dapat terpenuhi guna mendapat juara I.

“Hal yang perlu kami benahi adalah bidan topografi seperti harus ada papan informasi yang menunjukan batas-batas RT/RW, batas dengan kelurahan dan kampung lainnya serta papan informasi publik lainnya,” tandas Kepala Lurah Dobonsolo.

Sementara itu, salah satu staf di Bagian Pendampingan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMPK) Provinsi Papua, Rahmin menegaskan bahwa Kelurahan Dobonsolo yang mewakili Kabupaten Jayapura adlah kelurahan yang pantas menjuarai lomba kelurahan.

Hanya saja ada beberapa catatan yang perlu untuk diperhatikan sehingga kekuarangan-kekuranagn yang ditemui saat penilaian oleh panitia dapat dibenahi secara baik sehingga mampu menjuarai perlombaan kelurahan tingkat Provinsi pada tahun mendatang.

“Kami juga memberikan apresia atas prestasi yang di capai oleh Kelurahan Dobonsolo. Walaupun baru terbentuk sebagai kelurahan dari empat kelurahan lainnya di Kabupaten Jayapura dalam waktu yang singkat mampu mengukir prestasi,” pungkasnya.

Rahmin mengharapkan supaya Kelurahan Dobonsolo terus mempertahankan juara yang di capai sebagai sebuah prestasi yang membangggakan bagi smeua komponen masyarakat yang mendiami wilayah Kelurahan Dobonsolo Distrik Sentani. ***

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*