Landasan Bandara Marinda Raja Ampat Akan Diperpanjang

0
26

 

Sorong- Landasan Bandar Udara Marinda Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, akan diperpanjang dari 1.200 menjadi 1.600 meter pada Oktober 2016.

Bupati Raja Ampat Abdul Faris di Sorong, Senin, mengatakan Bandar Udara Marinda telah diserahkan oleh pemerintah daerah untuk dikelola pemerintah pusat.

Dia mengatakan selama ini pengembangan bandara Marinda Raja Ampat terkendala sebagian lahannya adalah kawasan konservasi.

Pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan Kementerian Kehutanan agar sebagian lahan bandara yang masuk dalam kawasan hutan lindung dialihkan fungsi untuk pembangunan bandara.

“Kementerian kehutanan sudah menurunkan tim melakukan peninjauan lokasi dan pada Oktober pembangunan dilaksanakan,” kata dia pula.

Ia menyampaikan bahwa Presiden Jokowi dalam kunjungannya di Kabupaten Raja Ampat menginginkan agar Bandar Udara Marinda dibangun besar seperti bandara lain di Indonesia dengan minimal landasan pacu 2.500 meter.

Hal itu karena untuk memajukan pariwisata Raja Ampat menjadi daerah pariwisata nomor satu dunia harus didukung dengan infrastruktur yang memadai terutama bandara dan pelabuhan.

Pembangunan landasan pacu Bandara Marinda dari 1.200 menjadi 1.600 agar pesawat jenis ATR mendarat karena selama ini hanya pesawat kecil atau pesawat perintis.

“Masyarakat Raja Ampat menginginkan Bandar Udara Marinda dibangun besar dan megah karena daerah tersebut adalah destinasi wisata dunia,” tambah dia. (ant/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*