KPU Tambrauw Hanya Menerima Berkas Satu Palson

0
154

Sorong – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, hingga hari terakhir pendaftaran peserta Pilkada 2017, hanya menerima berkas satu pasangan calon bupati-wakil bupati periode 2017-2022.

“Hanya satu pasangan calon yakni Gabriel Asem dan Mesak Metusala Yekwan yang memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada serentak 2017,” kata Anggota KPU Kabupaten Tambrauw Simon Petrus Baru yang dihubungi dari Sorong, Sabtu.

Dia mengatakan, pasangan Gabriel Asem dan Mesak Metusala Yekwan didukung Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Gerindra dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memenuhi syarat.

Pilkada Kabupaten Tambrauw, kata dia, ada satu calon perseorangan yang sempat mendaftar ke KPU, namun setelah dilakukan penelitian berkas, berkas dukungan calon tersebut tidak memenuhi syarat ketentuan undang-undang.

“Oleh karena berkas calon perseorangan tersebut tidak memenuhi syarat, maka KPU menggugurkan calon tersebut dari pencalonan,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa karena hanya satu pasangan calon yang memenuhi syarat sehingga KPU Kabupaten Tambrauw akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Papua Barat maupun KPU Pusat untuk membuka pendaftaran kedua sesuai ketentuan yang berlaku.

Jadwal pendaftaran kedua akan ditetapkan setelah KPU Kabupaten Tambrauw melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi Papua Barat maupun KPU Pusat.

Menurut dia, jika pendaftaran kedua nantinya tidak ada pasangan calon yang mendaftar atau memenuhi syarat, maka KPU akan menetapkan pasangan Gabriel Asem dan Mesak Metusala Yekwan sebagai calon tunggal Pilkada Tambrauw 2017.

Tahapan yang sedang berjalan bagi pasangan Gabriel Asem dan Mesak Metusala Yekwan yakni menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sorong sesuai jadwal yang ditentukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Papua Barat.

“Selain pemeriksaan kesehatan tubuh, pasangan Gabriel Asem dan Mesak Metusala Yekwan juga akan mengikuti psikotes dan tes urin untuk memastikan bebas narkoba,” ucapnya.(ant/don)

Caption foto: Pelajar dan Mahasiswa asal Iwur  dalam kesempatan Rekoleksi yang disampaikan oleh Pastor Jhon Bunay, Pr .( veni)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*