KPU Siap Umumkan Hasil Verifikasi Bulan Ini

0
8
Foto : Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Lidya Maria Mokay, S.Sos dan Ketua Panwas Kabupaten Jayapura, Ronald Manoach saat melakukan verifikasi faktual di salah satu DPP Partai Pengusung Pilkada Kabupaten Jayapura
Foto : Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Lidya Maria Mokay, S.Sos dan Ketua Panwas Kabupaten Jayapura, Ronald Manoach saat melakukan verifikasi faktual di salah satu DPP Partai Pengusung Pilkada Kabupaten Jayapura

SENTANI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura menyatakan bahwa dalam bulan ini, pihaknya akan mengumumkan hasil verfikasi sekaligus menentapkan lewat pleno KPU Pasangan Calong (Paslong) Bupati dan Wakil Bupati Jayapura maju Pilkada serentak jilid II, 15 Februari 2017.

“Kami sudah lakukan verifikasi faktual terhadap pasangan yang diusung partai politik, baik keabsahan rekomendasi partai, ijazah dan lainnya. Sementara pasangan independent sedang dilakukan verifikasi dukungan KTP warga sehingga dalam bulan ini kami sudah bisa umumkan,” sebut Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Lidya M. Mokay, S.Sos di Sentani, Senin (3/10) kemarin.

Dikatakan, setelah pihaknya melakukan verifikasi faktual terhadap pasangan yang diusung partai politik, baik rekomendasi dan ijazah semuanya tidak bermasalah alias memenuhi syarat hanya saja pasangan independen yang akan diverifikasi.

“Setelah verifikasi pasangan independ dalam waktu dekat ini selesai maka kemungkinan besar hasilnya dapat kami umumkan pada Tanggal 24 Oktober sesuai jadwal yang ada,” sebutnya.

Menurutnya, verifikasi yang dilakukan oleh dirinya bersama sejumlah anggota KPU adalah benar-benar valid dan dapat dipertanggungkawabkan. Kandidat dari partai politik masing-masing memiliki rekomendasi yang asli yang di berikan langsung oleh DPP setiap partai.

Mokay juga berharap supaya verifikasi dukungan KTP dari pasangan independen segera diselesaikan agar secepatnya pasangan lolos verifikasi sebagai calon bupati dan wakil bupati dapat diumumkan.

“Kami mengharapkan kepada setiap pasangan calong untuk menyampaikan kepada tim sukses atau apapun namanya untuk menahan diri dengan tidak terlibat dalam kampanya hitam karena akan merugikan pasangan,” tandas Lidya menyikapi maraknya kampanye hitam lewat media sosial.

Mokay menuturkan, bahwa sebagai penyelenggara, KPU Kabupaten Jayapura dalam menjalankan selurh proses verifikasi tetapberpedoma pada peraturan yang berlaku sekalipun ada desakan dari berbagai pihak untuk kepentingan tertentu namun sedikitpun tidak menggoyahkan integritas KPU.

“KPU Kabupaten Jayapura tetap akan bekerja sesuai dengan aturan hingga suksesnya Pilkada. Saya berharap semua pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Pilkada di daerah ini untuk sama-sama menjaga kebersamaan dan menjujung tinggi nilai-nilai demokrasi,” ungkapnya. (yft/tis)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*