Kepala BI : Batas Akhir Penukaran Uang 29 November

0
35
foto : Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto (Nia/Binpa)
foto : Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto (Nia/Binpa)

JAYAPURA – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto kembali mengingatkan kepada masyarakat khususnya di Papua, tanggal 29 November 2016 kesempatan terakhir bagi masyarakat untuk menukarkan uang Rp5000, Rp1000, Rp500 dalam bentuk logam maupun kertas khususnya uang terbitan tahun 1992 agar menukarkanya ke kantor BI Jayapura dan Kas keliling BI, katanya kepada wartawan usai kegiatan di Bank Papua (14/10) kemarin.

“Masyarakat yang menukarkan uang ke BI sudah Rp 3.255 lembar, jadi bagi masyarakat yang mempunyai uang yang sudah ditarik ijinya ini langsung tukarkan ke BI, lewat dari 29 November 2016 kami tidak akan melayani penukaran uang terbitan tahun 1992 ini, jelasnya.

Sementara itu, Joko juga kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat khusunya di Papua untuk selalu berhati hati dengan peredaran uang palsu.

Kata Joko, tahun lalu BI menemukan 23 Lembar uang palsu di Papua, sedangkan tahun ini naik menjadi 59 lembar uang palsu.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada lagi karena  uang palsu sekarang sangat sulit untuk dibedakan dengan uang asli. Pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk memberantas peredaran uang palsu tersebut.

“Ini saja tidak cukup, masyarakat harus selalu mengunakan rumus 3D Dilihat, Diraba,  Ditrawang ini tidak boleh kita sepelekan  karena dengan 3D ini kita bisa terhidar dari uang palsu,” ujarnya.

BI juga, lanjut Joko, mengajak masyarakat untuk melakukan transaksi non tunai, baik menggunakan uang electronic maupun kartu debit dan kartu kredit.

“Dari sisi kwantitas Papua ini masi lebih rendah dari Provinsi Lain, kalau di Provinsi lain mencapai ribuan lembar uang palsu , di Papua hanya 59 lembar, tapi kita harapkan tahun yang akan datang tidak ada lagi uang palsu yang beredar di Papua. (nia/tis).

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*