Kemenag Kabupaten Jayapura Terapkan K13 di Sekolah Islam

0
2

SENTANI – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura telah menerapkan Kurikulum 2013 (K13) sesuai Surat Keputusan (SK) Dirjen Kemeneterian Agama RI pada sekolah-sekolah Madrasah di Kabupaten Jayapura seperti, MI, MTs dan MA.

Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura, H Ani Matdoan menjelaskan, sesuai hasil rapat kumpulan kepala Madrasah di Kabupaten Jayapura menetapkan Kabupaten Jayapura harus menetapkan K13.

“Sebelum melaksanakan K13 tetapi Nuansanya  K13 kita sudah mulai aktif untuk mempraktekan di lingkungan Madrasah itu sendiri,” ujarnya yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pendikan Islam

Disebutkan oleh Ani, bagaimana pendidikan budi pekerti ditingkatkan dan diterapkan dalam program (senyum, sapa, salam, sopan dan santun (5S) yang sudah diterapkan dilingkungan Madrasah dalam rangka peningkatan K13.

“Isi K13 lebih mengedepankan nilai K1 dan K2 dimana sikap, perilaku dan akhlak itu harus lebih kedepankan dibandingkan dengan aspek yang lain,” ucapnya.

Menurutnya, K13 sangat bagus untuk diterapkan karena mendukung nilai dan dasar yang ada di sekolah agama itu sendiri.

“Sekolah agama memiliki chiri khas sendiri karena Ipteknya maju dan Impaknya harus lebih. Siswa dalam menerapkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan itu harus menjadi fundamental supaya kedepan anaknya aktif, pandai tetapi memiliki nilai moral,” pungkanya.(yft/tis)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*