Jamkrida Jamin Kredit 1.579 Pengusaha

0
2

Foto – Desty Pongsikabe
Foto – Desty Pongsikabe

JAYAPURA –  PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Papua, telah menjadi sekitar 1579 nasabah yang merupakan pengusaha Asli Papua. Jumlah tersebut adalah jumlah keseluruhan sejak Jamkrida Papua dibentuk pada 2015 lalu.

“Hingga saat ini ada sekitar 1579 nasabah yang terjamin kreditnya,” kata Direktur Utama PT Jamkrida Papua, Desty Pongsikabe, disela kegiatan hearing bersama Komisi II DPRP. Di Hotel Grand Abe,Kamis (25/8).

Ia mengatakan, nasabah yang dijamin tersebut, sebagian besarnya adalah pengusaha asli Papua yang bergerak dibidang usaha, mikro, kecil dan menengah. Jamkrida Papua berupaya terus mendorong pengusaha Papua, dengan memberikan akses permodalan untuk mengembangkan usahanya.

Ia menyebut, selain memberikan akses dan kemudahan. Jamkrida Papua juga telah bekerjsama dengan Bank Papua untuk penjaminan kredit. “Sebagaimana kita tau, Bank Papua memiliki salah satu produk untuk menyalurkan kredit kepada mama-mama Papua atau pengusaha mikro kecil, sehingga secara otomatis terjamin kreditnya. Sehingga pengusaha ini tidak perlu memberikan jaminan, karena Jamkrida Papua yang menanggung 100 persen,” ujarnya.

Sejak Jamkrida Papua berdiri,  perintah telah memberikan penyerataan modal sebesar Rp 25 miliar. Sehingga, jika kedepan da kredit macet. Maka dana penyertaan modal tersebut yang akan digunakan untuk menjamin. “Tapi sampai saya ini belum ada kredit yang bermasalah, sehingga kami berharap tidak ada kredit macet,” jelasnya.

Jamkrida juga akan bekerjasama dengan BPR untuk memberikan penjaminan kredit.

 “Selain itu, kami membuka pelayanan untuk memberikan pendampingan atau konsultasi kepada para pengusaha asli Papua, sebelum mereka mengakses kredit perbankan,” imbuhnya. (tis/tis)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*