IWSS Gelar Talk Show Peduli Kanker Serviks

0
4

SENTANI – Ikatawan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kabupaten Jayapura menggeler Talk Show Peduli Kanker Serviks Pelayanan Pap Smear Tahap II yang akan dibawakan oleh dr H Mirwan Akib,SpPa,DFM,Mars.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Jayapura dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri,S.Sos,M.KP di Hotel Merbau Sentani, Kamis (13/10).

Asisten I Rahman memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada IWSS Kabupaten Jayapura karena mampu menggelar kegiatan Talk Show yang sangat baik seperti ini.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan visi misi Jayapura Baru yang berjati diri, dimana setiap organisasi mampu mengambil peran positif ditengah-tengah masyarakat guna peningakatan kesehatan yang lebih baik,” katanya.

Diakui olehnya, bahwa kegiatan ini ternyata sudah dilakukan kedua kalinya dan berdampak sangat baik dan positif bagi kesehatan dilingkungan IWSS Kabupaten Jayapura.

“Saya berharap kegiatan ini akan terus berlanjut diwaktu-waktu yang akan datang karena penyakit ini kalau tidak dicegah sejak dini maka pengobatannya susah dan sangat mahal,” ujarnya.

Menurutnya, penyakit ini yang diderita oleh masyarakat Indonesia khususnya kaum hawa cukup tinggi, sehingga apa yang dilakukan oleh IWSS sangat luar biasa karena membantu kinerja Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Dinas Kesehatan.

“Setelah dari sini, saya akan membuat laporan dan menyampaikannya kepada SKPD terkait untuk ditindak lanjuti sehingga program kesehatan dari Pemerintah Kabupaten Jayapura akan sinkron dengan apa yang dilakukan oleh masyarakat melalui organisasi seperti yang dilakukan
oleh IWSS,” akunya.

Ditempat yang sama, Ketua IWSS Kabupaten Jayapura, Hj Fatiah mengungkapkan, bahwa pelaksanaan kegiatan ini sudah yang kedua kalinya karena yang pertama diselenggarakan pada bulan Oktober tahun 2015.

“Kegiatan ini kami selenggarakan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan kemanusiaan antara umat manusia di Provinsi Papua tetapi khususnya di Kabupaten Jayapura dibidang kesehatan,” paparnya.

Hj Fatiah menambahkan, seperti sebuah pepatah yang berbunyi, dimana langit dijunjung disitu bumi dipijak. Hal inilah yang mendorong IWSS Kabupaten Jayapura menggelar Talk Show seperti ini.

“Kami memiliki harapan, lewat Talk Show yang dibuat ini maka kaum wanita di Kabupaten Jayapura dapat memahami dengan betul bagaimana cara pengobatan Kanker Serviks dan bagaimana cara pencegahannya,” tuturnya.

Ketua Panitia, Rasdiana Lukman menyampaikan, tujuan kegiatan ini agar kaum wanita dapat mengetahui betapa pentingnya arti kesehatan, terutama tentang penyakit kanker serviks.

“Penyakit ini menempati peringkat teratas diantara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada wanita di dunia dan bahkan di Indonesia,” paparnya.

dr H Mirwan Akib,SpPa,DFM,Mars menjelaskan, pemeriksaan Pap Smear adalah metode (screening) ginekologi, merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) menggunakan alat yang dinamakan speculum, dan bisa dilakukan oleh dokter kandungan.

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui adanya HPV ataupun sel karsinoma penyebab Kanker Leher Rahim, sejak dini. Pemeriksaan ini lebih diutamakan pada perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan seksual,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dr H Mirwan, bahkan perempuan yang pernah melakukan hubungan seksual selama tiga tahun dari kontak seksual pertama kali wajib melakukan Pap Smear.

“Namun saat ini apabila anda menginginkan hasil pemeriksaan yang lebih akurat ada metode lain untuk mendeteksi adalah kanker Leher Rahim (Kanker Serviks), yaitu dengan Pemeriksaan Thin Prep,” tutupnya.(yft/tis)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*