Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081298338027, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Rabu, 01 Mei 2013 07:15

Kapolres : Sepengetahuan Saya Belum Ada Pengunduran Diri

Ditulis oleh  redaksi binpa
Taksir item ini
(0 pilihan)

AKBP.B.Meison Sagala, SH,SIK,MH.WAROPEN - Hasil sementara berkas ferivikasi bakal caleg anggota DPRD Waropen yang dilakukan KPUD setempat, telah ditemukan 18 PNS masing-masing 7 Kepala Kampung, 11 PNS yang masih aktif dilingkup Pemda Waropen, 4  tenaga honorer pengangkatan kategori II dan termasuk 2 anggota TNI dan Polri.
Khusus untuk anggota Polri yang telah mencalonkan diri sebagai bakal caleg DPRD Waropen tersebut, hingga kini belum ada surat pengunduran diri melalui Kapolres Waropen selaku atasan tertinggi didaerah dan selanjutnya diteruskan kepada Kapolda maupun Kapolri terkait oknum anggota Polri tersebut.
’’ sampai saat ini belum ada surat pengunduran diri melalui saya selaku atasan didaerah sejak anggota saya mendaftar ke KPUD menjadi bakal caleg DPRD Waropen,’’ jelas Kapolres Waropen AKBP.B.Meison Sagala, SH,SIK,MH kepada Bintang Papua ketika dikonfirmasi selasa (30/4) kemarin.
Bahkan Kapolres balik mempertanyakan, apakah anggota Polri tersebut telah membuat surat pernyataan secara pribadi dan mengajukan ke KPU saat mendaftar, sehingga selaku pimpinan didaerah, ia baru mengetahui informasi tersebut dari Wartawan.
’’ kalau nantinya ada surat pengunduran diri anggota Polri yang mengajukan kesaya karena caleg, maka saya akan teruskan ke atasan saya yakni pak Kapolda untuk diproses lebih lanjut. Saya tidak memiliki kewenangan memberikan surat persetujuan pengunduran diri,’’ singkatnya

Berdasarkan data yang dimiliki Wartawan Koran ini di KPUD Waropen, terdapat 2 anggota TNI dan Polri saat ini telah mendaftar menjadi Bakal Caleg DPRD Waropen. Khusus untuk anggota Polri, telah dipastikan pada bulan desember 2013 mendatang, akan menjalani pension, sementara dari 1 anggota TNI direncanakan akan pensiun pada September 2014 mendatang.
Hingga berita ini diturunkan belum ada surat pengunduran diri yang disetujui masing-masing pimpinan kedua institusi Negara tersebut. Padahal berdasarkan peraturan KPU No.7 tahun 2013 pasal 19 huruf I ayat 1 dan pasal 21 ayat 1 telah disebutkan bahwa surat pengunduran diri yang tidak dapat ditarik kembali lagi bagi :Kepala daerah, wakil kepada daerah, PNS, Anggota TNI,Polri,direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan BUMN,BUMD serta pengurus badan lainnya yang anggarannya bersumber dari keuangan Negara karena, dan bukti keputusan pemeberhentian bakal calon dari pejabat yang berwenang sebagaimana dimaksud, harus disampaikan kepada KPU,KPU Provinsi,KPU Kabupaten/kota paling lambat pada masa perbaikan DCS.
Sebelumnya, Ketua KPUD Waropen Betuel Ramandei mengatakan, pihaknya akan tetap konsisten dan mengacu pada peraturan KPU yang ada, selama 14 hari KPU Waropen akan melakukan verifikasi terhadap kelengkapan, kebenaran dan keabsahan persyaratan bakal caleg tersebut. Selanjutnya hasil verifikasi tersebut disampaikan secara tertulis kepada Parpol paling lambat 2 hari setelah massa verifikasi, dan selama 14 hari KPU memberikan kesempatan kepada Parpol untuk memperbaiki bakal caleg sementara tersebut.
’’ jika tidak juga dilengkapi surat rekomendasi persetujuan dari masing-masing pimpinan baik PNS,TNI/Polri maka sendirinya akan gugur,’’ tandas Betuel. (es/achi/lo2)

Baca 148 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task