Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081344259201, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Kamis, 04 April 2013 05:03

KPU Pusat Putuskan 4 Dapil Untuk Kabupaten Yapen

Ditulis oleh  redaksi binpa
Taksir item ini
(0 pilihan)

SERUI - Sesuai dengan aturan dan undang-undang, KPU Kabupaten/Kota maupun Provinsi harus mengajukan pengusulan pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) ke KPU pusat, untuk daerah Kabupaten Kepulauan Yapen telah diusulkan 3 Dapil, namun dari pusat memutuskan 4 Dapil untuk Yapen. Demikian ungkap Nikanor.Rumakewi, S.Sos ketika di temui Bintang Papua diruang kerjanya 3/4) kemarin.
Dijelaskan Nikanor Rumakewi, pembagian wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen yang diusul ke KPU pusat adalah tiga daerah pemilihan yakni, Dapil Iyang meliputi Distrik Yapen Selatan, Dapil II meliputi wilayah Yapen Barat yakni Kosiwo, Wonawa, Windesi, Pulau Yerui dan Poom, sementara untuk Dapil III meliputi wilayah Yapen Timur, yakni Angkaisera, Yapen Utara, Rainbawi, Teluk Ampimoi, Kepulauan Ambai dan Pulau Kerudu.

Lanjut Rumakewi, ternyata beberapa hal menjadi pertimbangan oleh KPU Pusat, diantaranya untuk Distrik Yapen Selatan jumlah penduduknya 61.825 jiwa, sehingga wilayah Yapen Selatan dibagi menjadi dua dapil, dengan demikian jumlah dapil menjadi 4 untuk daerah Kabuaten Kepulaua Yapen.
Sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat No.124/KPTS/KPU/2013 tanggal 9 maret 2013, untuk Kabupaten Kepulauan Yapen di tetapkan empat dapil yang meliputi dapil I dan II di wilayah Yapen Selatan, Dapil III untuk wilayah barat dan dapil IV untuk wilayah timur, diharapkan, dengan keputusan yang telah ditetapkan tersebut dapat diterima oleh semua pihak, terutama kepada partai-partai politik yang nantinya mengusung calon-calon legislatif agar dapat mengetahui ketetapan tersebut.
Nikanor Rumakewi selaku ketua KPU Kabuapeten Kepulauan Yepen juga mengharapkan dengan adanya keputusan tersebut masyarakat maupun Caleg-caleg yang diusung dapat memahami ketentuan pada keputusan tersebut,”Sehingga nantinya pada pemilu 2014 mendatang dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku,” terangnya. (Seo/bom/lo1)

Baca 280 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task