Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081344259201, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Sabtu, 08 Desember 2012 19:52

Penyeragaman Tata Naskah Dinas, Pemda Supiori Gelar Pelatihan

Ditulis oleh  Redaksi Binpa
Taksir item ini
(0 pilihan)

Drs. MarwanSUPIORI—Dalam rangka efisiensi dan efektifitas administrasi penyelenggaraan pemerintahan di daerah, sebagai bagian dari reformasi birokrasi, maka penyeragaman tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah menjadi satu keharusan.
Hal ini disampaikan Bupati Supiori, Fredrik Menufandu SH MH MM., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan, Drs. Marwan., dihadapan para peserta sosialisasi tata naskah dinas dan penyusunan peraturan bupati tentang tugas pokok dan fungsi SKPD di kabupaten Supiori, di aula kantor Bappeda Supiori, rabu (5/12). Dalam sambutannya, Bupati menjelaskan, tata naskah dinas merupakan pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi dan penyimpanan naskah dinas serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan, sedangkan naskah dinas adalah informasi  tertulis sebagai alat komunikasi kedinasan yang dibuat dan atau dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang di lingkungan pemerintah daerah.
“System manajemen PNS diarahkan untuk  menjamin penyelenggaraan pemerintahaan dan pembangunan secara berdayaguna dan berhasilguna guna mewujudkan PNS yang professional, bersih dan melayani secara adil melalui pembinaan yang dilaksanakan berdasarkan prestasi.” Kata Bupati.

Inilah yang perlu disadari, sambung Bupati, betapa pentingnya Permendagri nomor 54 tahun 2009 tentang tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah di atur secara komprehensif, jelas dan tegas dalam rangka efisiensi dan efektifitas administrasi penyelenggaraan pemerintah daerah.
Dalam kesempatan sosialisasi sehari itu juga dipakai untuk menyusun peraturan Bupati tentang tugas pokok dan fungsi SKPD, yang mana akan mempertegas tupoksi masing-masing SKPD. Penataan SKPD untuk mewujudkan otonomi daerah yaitu peningkatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan, percepatan pembangunan serta memberikan partisipasi yang luas kepada masyarakat.
Sementara itu, Kabag Hukum Setda Kabupaten Supiori, Yunasila Wambrauw, SH MM., selaku penyelenggara kegiatan, melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh pimpinan/kepala SKPD, Sekretaris SKPD/Kepala Tata Usaha SKPD dan sekretaris pribadi  di lingkungan Sekretariat Pemda Supiori. Sedangkan sebagai, pemateri adalah Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupten Biak Numfor, Habel Suweni, SH MH. (hen/don/lo2)

 

Baca 646 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task