Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081344259201, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Kamis, 18 April 2013 07:39

Maju Pileg 2014, Anggota KPU Merauke Mundur

Ditulis oleh  redaksi binpa
Taksir item ini
(0 pilihan)

Tokoh masyarakat Mimika, Papua, Yosep Yopi Kilangin. MERAUKE – Jaya Ibnu Su’ud yang selama dua periode mengemban tugas sebagai Anggota Divisi Teknis Pemilih Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Merauke, mengundurkan diri dari jajaran KPUD Merauke. Alasan pengunduran diri Jaya karena dirinya akan melenggang ke bursa pemilihan umum legislatif (pileg) 2014 Kabupaten Mappi.
Ketua KPUD Merauke, Antonius Kaize saat dikonfirmasi wartawan, membenarkan soal pengunduran diri Jaya. Dikatakan Anton, KPU Propinsi Papua sendiri telah mengeluarkan Surat Keputusan Pengunduran Jaya Ibnu Su’ud, terhitung Rabu (17/4) kemarin.
“Jadi Pak Jaya akan mengikuti pemilihan anggota DPRD di Kabupaten Mappi tahun 2014 mendatang sehingga beliau mengundurkan diri dari struktur keanggotaan KPU Merauke,” ungkap Anton di ruang kerjanya.
Anton mengakui selama ini kiprah Jaya di KPUD Merauke cukup baik dan menonjol, dimana pria asal Bugis itu memiliki kapabilitas yang baik dalam mengatasi persoalan teknis di ranah pemilihan umum. .

“Kami mengakui bahwa beliau mempunyai kemampuan teknis yang baik, bukan hanya di Merauke tetapi rata-rata di Papua seperti itu. Kadang-kadang ketika ada rapat di provinsi, beliau sering diminta untuk membantu menyelesaikan persoalan-persoalan teknis,” aku Anton.
Kendati KPUD Merauke kehilangan figur anggota yang sangat berkompetens di bidangnya, namun pengunduran diri Jaya tidak akan mempengaruhi kinerja KPUD Merauke untuk mensukseskan Pileg 2014 di Kabupaten Merauke. Alasan Anton, KPU Merauke masih memiliki empat anggota KPU lainnya.
“Selain itu kan bulan Mei nanti akan dilakukan penerimaan anggota KPU yang baru, sehingga bulan Juni 2013 sudah harus aktif melaksanakan tugas. Jadi pengunduran diri Pak Jaya tidak juga mempengaruhi kinerja karena masih ada 4 orang lainnya. Mungkin, akan mempengaruhi beberapa persoalan teknis sedikit, tetapi tidak besar dampaknnya. Dan pengunduran diri beliau semata-mata karena ingin maju calon anggota legislatif di Mappi. Tidak ada persoalan lain atau internal, itu hanya pilihan politik pribadi saja,” paparnya..
Sementara itu, Jaya Ibnu Su’ud yang dihubungi melalui pesan singkat telepon seluler kemarin, membenarkan pengunduran dirinya untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di daerah Mappi. Dijelaskan Jaya, apabila anggota KPUD ingin mencalonkan diri, maka harus mengundurkan diri sesuai pasal 19 huruf (i) angka 3 dan pasal 21 ayat (2) peraturan KPU nomor 7 tahun 2013 tentang Pencalonan.
“Iya benar, rencananya saya diusulkan jadi bakal calon legislatif di Kabupaten Mappi, maka saya mengajukan pengunduran diri ke KPU Propinsi Papua, karena kalau mau jadi caleg harus mundur. SK-nya sudah keluar. Untuk partainya nanti disampaikan setelah pendaftaran dan pengumuman DCS oleh KPU Mappi,” jawab Jaya dalam pesan singkatnya. (lea/achi/lo1)

Baca 595 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task