Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081344259201, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Rabu, 27 Maret 2013 02:18

Pemerintah Harus Menstimulan Eksistensi Hipmas di Papua Selatan

Ditulis oleh  redaksi binpa
Taksir item ini
(0 pilihan)

Merauke-Keberadaan Himpunan Pengusaha Muda Anak Asli (Hipmas) Papua di wilayah Papua Selatan harus terkoordinir dan mendapat stimulan oleh pemerintah mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat demi percepatan pembangunan di wilayah Papua Selatan. Hal itu dikatakan Ketua Hipmas Papua Kabupaten Mappi, Thobias Amta kepada wartawan, Senin (25/3) kemarin.
Menurut Amta, keberadaan Hipmas Papua adalah sebagai mitra Pemerintah dalam rangka membantu Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B). Karena itu, Hipmas Papua di wilayah Papua Selatan dituntut untuk solid guna persamaan pendapat, koordinasi dan sinergis dalam konsep pembangunan wilayah Papua Selatan.  
“Untuk sementara, kami bersekretariat di Hipmas Merauke guna menghimpun Hipmas Papua 4 kabupaten di wilayah Papua Selatan, Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat. Kami berkumpul di sini sehingga ada koordinasi dan sinergis berperan dalam pembangunan,” kata Amta
Bersatunya Hipmas Papua di wilayah Papua Selatan mengacu pada Musyawarah Daerah dan Kongres Hipmas, dimana mengamanatkan tentang koordinasi dan kerja sama organisasi  untuk membantu pemerintah pusat, propinsi dan daerah mempercepat pembangunan di Papua dan Papua Barat.

“Hasil dari Musda dan Kongres itu, maka kami berupaya untuk lakukan koordinasi Hipmas Papua di empat kabupaten di Papua Selatan. Kami sudah mengadakan seminar dan sosialisasi di 136 kampung dan 15 distrik di Mappi. Karena itu, kami harap pemerintah daerah dan semua unsur organisasi di Merauke juga mendukung Hipmas di Merauke,” akunya hasil sosialisasi dan seminar telah dilaporkan di propinsi dan selanjutnya diterukan ke pusat. 
Sementara itu, untuk mengangkat eksistensi dan peran Hipmas Papua di wilayah Papua Selatan, diharapkannya semua stake holder di empat kabupaten perlu mendukung peran organisasi tersebut.
“Kami mengajak kepada masyarakat Papua, pengusaha lokal untuk bersatu dan bergabung memajukan pembangunan di wilayah Papua Selatan. Pemerintah, baik eksekutif, legilatif dan yudikatif perlu mendukung organisasi ini, karena HIPPMAS Papua hadir untuk memberdayakan orang Papua dan non Papua yang ada di Papua,” terangnya.
Di tempat yang sama, Ketua HIPPMAS Papua Kabupaten Merauke, Martinus Mungge mengatakan, HIPPMAS memiliki tujuan penting untuk menyatukan semua pengusaha asli Papua, dan mendorong pemerintah daerah untuk memberdayakan organisasi tersebut di Merauke. Dan HIPPMAS Papua Kabupaten Merauke akan melakukan sosialisasi dan seminar tentang peran pengusaha lokal bagi UP4B pada 5 April 2013.
“Organisasi ini menghimpun banyak orang dan di Merauke sendiri, antusias pengusaha lokal sangat tinggi. Tapi, saat ini kami masih terkendala dengan perhatian pemerintah daerah. Kami sudah ajukan proposal untuk memberdayakan pengusaha lokal sejak Maret 2012, namun sampai saat ini belum ada tanggapan. Kami akan tetap mendorong pemerintah untuk berdayakan pengusaha lokas berdasarkan Kepres 84,” tandasnya. (lea/don/LO1)

Baca 266 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task