Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081344259201, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Rabu, 15 Mei 2013 22:19

Pengelola Keuangan Tiap SKPD Harus Lebih Transparansi

Ditulis oleh  redaksi binpa
Taksir item ini
(0 pilihan)

WAMENA – Berakhirnya kegiatan Sosialisasi peraturan perundang-undangan Tentang Pengelolaan Keuangan, diharapkan transparansi dan akuntabilitas dapat tercipta di lingkungan pemerintah Kabupaten Jayawijaya. Selain itu setiap laporan keuangan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah dapat dikompilasi menjadi laporan keuangan pemerintah daerah minimal tetap meraih nilai Wajar Dengan Pengecualian.
Demikian sambutan Bupati Kabupaten Jayawijaya yang diwakili sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo. S. Sos, M.Si, saat menutup kegiatan tersebut di Sasana Wio Kantor Bupati, Rabu, (15/5) kemarin.
Yohanis Walilo juga menyampaikan harapan Bupati kepada para pengelola keuangan agar mampu menyusun anggaran dan pertanggung-jawaban keuangan daerah, melaksanakan tugas pengawasan, pengendalian dan evaluasi terhadap pengelolaan keuangan daerah serta melaksanakan komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder di bidang penatausahaan keuangan daerah.


“ Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan para peserta  mampu meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan sikap diri guna melaksanakan tugas masing-masing. Tidak hanya itu, mampu bekerja dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta senantiasa mengikuti perkembangan ilmu yang berkaitan erat dengan bidang tugasnya “ kata Plt. Sekda, Yohanis Walilo, S. Sos,M.Si.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Jayawijaya, selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Toto Hardiwiyoto, SE menjelaskan, kegiatan Sosialisasi perundang-undangan tentang pengelolaan keuangan berjalan lancar sejak tanggal 13 sampai 15 Mei 2013. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 98 orang yang diundang dari tiap SKPD masing-masing Empat Orang yakni, PPK-SKPD, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran dan Pengelola Aset.
“ Selama Tiga hari ini, kegiatan kami berjalan lancar. Narasumber yang kami hadirkan dari inspektorat kabupaten jayawijaya, dinas pendapatan pengelolaan keuangan dan asset kabupaten jayawijaya juga dari kantor pratama pajak perwakilan wamena “ jelas Toto Hardiwiyoto kepada Binpa.
Menurutnya, pengelolaan keuangan dari setiap SKPD berjalan dengan baik, hanya saja perlu dilakukan sosialisasi guna menerapkan aturan yang baru. Dicontohkannya, peraturan pemerintah nomor 71 Tahun 2010 yang merupakan aturan baru dari peraturan pemerintah nomor 4 Tahun 2005. Hal tersebut perlu dilaksanakan mengingat tahun 2014, peraturan tersebut harus diberlakukan.
“ Selama ini kami masih menggunakan peraturan pemerintah Nomor 4 Tahun 2005, sehingga dengan adanya kegiatan ini, sekaligus mensosialisasikan peraturan pemerintah yang baru Nomor 7 Tahun 2010 yang akan diberlakukan “ ujar Ketua Panitia.
Kedepan pihaknya dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Jayawijaya, akan melakukan kegiatan yang sama kepada SKPD sesuai dengan regulasi dari aturan yang ada.
“Dengan kegiatan tersebut, diharapkan para pengelola keuangan dapat memahami aturan yang berlaku dan mengaplikasikan di dalam pekerjaan masing-masing. Serta dapat menyesuaikan diri dengan aturan yang baru “ kata Toto Hardiwiyoto. (aby/achi/l03)

Baca 282 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task