Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081298338027, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Sabtu, 12 Januari 2013 08:59

MASALAH KEPRIBADIAN SISWA

Ditulis oleh  SRI LESTARI A, SE
Taksir item ini
(0 pilihan)

 

 

 

Oleh : SRI LESTARI A, SE
GURU BK SMA NEGERI 2 JAYAPURA

Jenis masalah pribadi yang sering dialami oleh siswa/individu, yaitu :

a. Merasa malas untuk beribadah
Sering kali kita tiba-tiba malas untuk melakukan hal yang baik atau mencoba untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan beribadah. Tidak tahu apa sebabnya!! Terkadang mau melaksanakan Shalat kita menunda-nunda. Ingin melaksanakan Puasa Sunnah, ah... besok saja kapan-kapan. Mau Shadaqah... ah,, enakan dibelikan makanan. Mau menuntut ilmu.. di rumah saja lihat Piala dunia. Yang menjadi tanda tanya besar MENGAPA KITA MALAS DALAM BERIBADAH??
 Jawabanya yaitu Ada 3 hal yang mempengaruhi kita malas dalam melaksanakan ibadah, mari kita cek dengan seksama dan penuh kejujuran tentang apa yang sedang melanda kita

1.  Makanan Kita
Apa saja makanan kita?? Apakah makanan kita haram?? Bagaimana makanan kita dapat, dengan cara halal atau haram?? Dari manakah kita mendapatkan uang untuk membeli makanan?? Marilah kita renungkan pertanyaan itu. Kalau kita merasa makanan kita haram, berarti itulah yang menyebabkan kita malas dalam beribadah. Kalau anda merasa makanan anda halal coba cek sebab selanjutnya
2.  Pembicaraan Kita
Dalam satu hari kita berbicara apa?? Banyak mana pembicaraan kita yang sia-sia dengan yang bermanfaat?? Berapa lama kita membaca Al-qur’an dalam sehari ketimbang bicara sia-sia?? Apakah kita pernah membicarakan kejelekan orang lain?? Berbohong?? Ingkar janji?? Menjelek-jelekkan orang lain?? Mungkin ini yang membuat kita malas dalam beribadah. Iya kan??
3. Perbuatan Kita
Dalam satu hari apa yang kita perbuat?? Banyak manakah waktu yang kita gunakan dalam beribadah ketimbang dalam bekerja?? Apakah kita masih mengaji setiap hari?? Pernah kan kita menjahili orang lain?? Melakukan maksiat?? Ini juga yang membuat kita malas dalam beribadah
Jadi ada 3 hal yang membuat kita malas dalam beribadah. Marilah teliti kesalahan kita. Cobalah untuk memperbaiki apa yang kita makan, pembicaraan kita, dan juga perbuatan kita. Kita harus mencari makanan yang sehalal-halalnya begitu juga cara mendapatkan uang kita. Yang berat yaitu menjaga lisan kita dalam berbicara, memang berat tetapi kita harus menjaganya. Serta menjaga perbuatan kita dari perbuatan maksiat, dan harus bisa berbuat baik. Semoga ketiga hal tersebut dapat sebagai bahan kita dalam menginstropeksi diri yang apabila kita perbaiki kesalahan itu kita akan semangat dalam beribadah. Amin..

b.  Sering sakit kepala
Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan yang sangat menggangu dan menyakitkan. Hal tersebut dapat tiba-tiba terjadi dengan banyak penyebab. Kebanyak dari kita tidak mengetahui apa penyebab dari gangguan kesehatan ini atau bahkan sakit terjadi karena kegiatan yang sering lakukan sendiri.
a). faktor penyebab sakit kepala yaitu :
1. Stres
Stres adalah salah satu penyebab paling umum sakit kepala. Cara terbaik untuk mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh stres adalah untuk istirahatkan saraf Anda dan jaga tingkat stres Anda.
2. makanan
kebiasaan makan makanan yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan anda. makanan tidak sehat seperti cemilan, olahan daging, cokelat dan makanan yang mengandung kolesterol dapat meningkatkan potensi untuk sakit kepala. Cobalah makanan sehat seperti sayuran dan buah dan minum banyak air dapat memnbantu mencegah sakit kepala.
3.Ketegangan mata
terlalu memporsir mata dalam jangka waktu lama dapat berdampak pada syaraf anda yang dapat memicu sakit kepala. apabila anda bekerja didepan komputer, coba gunakan layar anti silau atau anda dapat gunakan kacamata yang dilapisi anti-silau.
4.Kurang tidur
Kurang tidur daqpat menyebabkan sakit kepala. Tubuh normalnya membutuhkan 7-8 jam tidur.
5.Terlalu banyak tidur
kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala, begitu pula kelebihan tidur.
6. Duduk
Mungkin hal ini kurang dipercaya, tapi duduk terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala. Usahakan berdiri 10 menit setiap jam anda duduk, hal ini dapat melemaskan otot-otot yang tegang selama anda duduk.
7. Asap rokok
Hal ini sangat mempengaruhi terutama bagi perokok pasif. Mungkin tanpa disadari hal ini sangat mempengaruhi bagi mereka perokok pasif sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.
8. Suara bising
Suara bising dapat memicu sakit kepala, bahkan jika anda berada dilingkungan bising pun dapat mennyebabkan hal tersebut.
9. Alkohol
Mungkin banyak yang yang setuju sakit kepala disebabkan oleh mabuk ( efek alkohol ).
10.Efek samping obat
sakit kepala adalah efek samping umum dari obat. Bila anda membutuhkan obat, upayakan yang tidak memiliki efek samping.

 

 

 

Baca 1372 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task