Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081298338027, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Sabtu, 26 Januari 2013 06:50

Meningkatkan Kemampuan Wicara Melalui REINFORCEMENT PADA ANAK TUNA RUNGU DI SLB BAGIAN B NEGERI JAYAPURA

Ditulis oleh  Etiningsih Sudaryanti S. Pd
Taksir item ini
(1 Pilih)

Oleh : Etiningsih Sudaryanti S. Pd
(Guru SLB Negeri Bagian B Kota Jayapura)

Salah satu masalah yang dihadapi siswa SLB Bagian B Negeri Jayapura adalah hasil belajar wicara yang rendah.
Pada kesempatan ini penulis menyajikan ringkasan hasil penelitian yang berjudul   meningkatkan kemampuan wicara pada anak tuna rungu melalui Reinforcement. Reinforcement yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah reinforcement positif.
Penelitian yang dilakukan berupa Penelitian Tindakan Kelas. Maka yang menjadi subyek penelitian adalah semua siswa tuna rungu kelas D IV pada SLB Bagian B Negeri Jayapura Tahun Pelajaran 2010 - 2011.

Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam III Siklus. Dalam  kegiatan penelitian  penulis dibantu oleh seorang kolaborator yang membantu mengamati pelaksanaan penelitian .Selain hasil pengamatan sebagai alat pengumpul data penulis mernggunakan tes serta dokumentasi.  Hasil pengamatan dan tes kemampuan wicara pada ke tiga siklus tersebut dianalisis secara statistik diskriptif.
Hasil penelitian tindakan ini menunjukan peningkatan kemampuan wicara. Pada kondisi awal kemampuan wicara untuk melafalkan kata yang terdapat fonem “ p, b dan m “ semua dilafalkan dengan distorsi. Setelah dilakukan penelitian dengan menerapkan reinforcement maka kemampuan wicara dalam melafalkan kata yang yang terdapat fonem “ p, b dan m “ menjadi meningkat.

Grafik kemapuan wicara mulai kondisi awal sampai siklus III

Baca 1320 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task