Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081298338027, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Rabu, 09 Januari 2013 09:57

MENGENAL TUBUH MANUSIA DENGAN MENGGAMBAR

Ditulis oleh  redaksi binpa
Taksir item ini
(0 pilihan)

Oleh Rizal Kasbun Sagala, S.Pd. M.Pd
Guru SD N 2 Hamadi Jayapura


Taukah kita tubuh kita bagaikan mesin yang sangat rumit? Dari luar sampai ke dalam terbentuk dari banyak bagian yang memiliki tugas masing-masing. Di dalam tubuh kita terdapat banyak bagian penting yang disebut organ. Setiap organ memiliki tugasnya sendiri-sendiri. Beberapa organ bergabung menjadi satu sistem yang kemudian membuat kita dapat melakukan aktivitas. Selain itu tubuh kita banyak bagia-bagian yang terpenting meliputi :
1.Panca indera
2.Sistem tubuh
3.Susunan sistem saraf
4.Sistem pencernaan
5. Fungsi Darah
6. Cara penggerak jantung
7.Kerangka penopang tubuh yang sangat kuat
8.Otot sebagai penggerak oleh tubuh
9.Sistem pernafasan
10. Kulit sebagai sistem peraba
Manusia adalah makhluk hidup yang unik yang terhebat, tubuh manusia merupakan sistem yang paling menajubkan dalam alam ini. Tubuh manusia adalah anugrah Tuhan karena diciptakan. Tubuh manusia memiliki kemampuan yang sangat mengesankan, di antaranya adalah panca indera yang meliputi :
1. Mata untuk melihat
2. Hidung untuk mencium
3. Kulit untuk meraba
4.Telinga untuk mendengar
5.Lidah untuk mengecap

Selain itu tubuh manusia yang paling menakjubkan tidak hanya pada panca indera. Setiap organ yang memudahkan hidup kita adalah keajaiban tersendiri. Semua berfungsi untuk memenuhi ke butuhan kita. Dalam tubuh kita terdapat beberapa sistem yang sangat berperan penting untuk tubuh kita di antaranya yaitu:
a. Sistem pencernaan
(pemprosesan makanan dengan mulut, perut, an usus)
b. Sistem kekebalan
(memepertahankan tubuh dari serangan penyakit)
c. Sistem endokrin
(hormon jaringan komunikasi dalam tubuh)
d. Sistem integumen
(berhubungan dengan kulit dan rambut manusia)
e. Sistem limfatik
(struktur yang terlibat dalam tranfer linfa antara jaringan dan aliran darah)
f. Sistem otot
(menggerakan tubuh)
g. Sistem saraf
(mengumpulkan, mengirim, dan memproses informasi dalam otak dan saraf)
h. Sistem reproduksi
(agar organ manusia dapat berkembang biak)
i. Sistem pernafasan
(organ-organ tubuh yang digunakan untuk bernafas)
j. Sistem rangka
(menompang dan melindungi tubuh dengan struktur tulang)
k. Sistem urin
(ginjal dan struktur yang di hubungkan dalam produksi dan pengeluaran urin)
Taukah kita sebagai pengajar kita harus memberikan sebuah materi kepada para peserta didik tentang bagaimana mengenal bagian-bagian dari tubuh kita? Nah ini sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai seorang pengajar untuk memberikan materi pembelajaran dengan metode baru dengan bagaimana cara mudah untuk mengenal bagian-bagian yang terpenting dalam tubuh kita dengan cara memberi sebuah tugas untuk menghafalkan bagian dari tubuh kita serta apa fungsi dari bagian-bagian dari tubuh kita atau dengan cara memberikan sebuah tugas tentang menggambar bagian dari tubuh kita. Biasanya para peserta didik tidak dapat mengetahui apa itu fungsi dari bagian tubuh kita? Hal ini di perlukan dukungan antara orang tua murid dengan guru yang ada di sekolah agar dapa berjalan dengan baik.  Agar proses tersebut berjalan dengan mudah maka langkah-langkah yang kita perlu lakukan yaitu menyiapkan alat dan bahan untuk menggambar bagian-bagian yang ada dalam tubuh kita.
1.Alat
·Pensil
·Kertas gambar
2.Bahan
vPewarna
vBuku panduan/ buku tiruan
Cara kerjanya:
- Ajak peserta didik menyebutkan bagian – bagian dari tubuh manusia sambil menunjukan milik sendiri tentuknya bagian tubuh yang mudah dan umum di ketahui oleh peserta didik seperti telinga, tangan, kaki mata, dsb.
- Sampaikan kepada peserta didik “ anak –anak kita akan mengambar bagian tubuh kita”
- Peserta didik disuruh menyiapkan alat gambar dan mencontoh gambar yang kita buat di papan tulis sambil menuliskan nama bagian tubuh yang di gambar.
- Dalam kegiatan menggambar kita sampaikan nama dan fungsi dari bagian tubuh yang ada di papan tulis sehingga anak akan lebih mudah mengenal dan mengetahui fungsi dari setiap bagian dari tubuh kita
- Contoh: memggambar panca indera seperti mata, hidung, dan mulut.
- Setelah selesai menggambar kita berikan penguatan tentang materi pembelajaran yang berhubungan dengan gambar yang kita buat tadi
Dengan menggambarkan langsung setiap pesert didik akan lebih mudah untuk memahami dan menerima materi pembelajaran yang kita sampaikan. Selamat mencoba!!

Baca 1502 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task