Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081298338027, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Rabu, 06 Maret 2013 07:23

Menghitung Cepat Dengan Menggunakan Jari Tangan

Ditulis oleh  redaksi binpa
Taksir item ini
(2 pilihan)

Oleh: Theresia Maskim, A. Ma. Pd

Theresia Maskim, A. Ma. PdSebagai pengetahuan, matematika mempunyai ciri – ciri khusus antara lain, abstrak, deduktif, konsisten, hirarki dan logis. Soedjadi ( 1999 ) menyatakan bahwa keabstrakan matematika karena objek dasarnya abstrak, yaitu fakta, konsep, operasi dan prinsip. Ciri keabstrakan matematika serta ciri lainnya yang tidak sederhana, menyebabkan matematika tidak mudah untuk dipelajari sehingga membuat banyak siswa yang kurang tertarik pada matematika .
Siswa membenci atau alergi terhadap pembelajaran matematika. Ini perlu adanya “Jembatan” yang dapat menghubungkan keilmuan matematika agar tetap terjaga dan matematika dapat mudah dipahami.
Persoalan mencari “Jembatan” merupakan tantangan, yaitu bagaimana mencari dan memilih model pembelajaran matematika yang menarik, mudah dipahami, menggugah semangat, menantang dan membuat siswa cerdas matematika.
Dalam pembelajaran matematika tentang perkalian, tidak dapat dipungkiri bahwa sampai saat ini rata – rata siswa kelas tinggi ( 4, 5, 6 ) belum menguasai perkalian bilangan dasar secara mahir.Pembelajaran matematika tentang perkalian menjadi salah satu materi yang cukup sulit terutama perkalian bilangan 6 sampai 9. Walaupun siwa biasanya menggunakan cara penjumlahan berulang untuk menemukan hasil akhir suatu perkalian bilangan. Tetapi cara ini banyak menyita waktu sehingga akan menguras tenaga, pikiran dan menyebabkan siswa bosan. Terkadang siswa ceroboh dan tidak teliti dalam menghitung karena keterbatasan waktu yang tersedia, sehingga hasil yang diharapkan tidak maksimal.

Agar siswa dapat memperoleh hasil yang baik dalam pembelajaran matematika (perkalian 6-9) maka guru harus menggunakan cara/metode yang menarik dan mudahditerapkan kepada siswa yaitu dengan menggunakan jari tangan sebagai alat bantu untuk menghitung perkalian dengan cepat dan tepat.
Adapun proses pembelajarannya sebagai berikut:
• Siswa mempraktekan apa yang telah dicontohkan oleh guru.
Misalnya: 8 X 7 = . . . ?
Langkah I : -kedua telapak tangan dibuka ke depan
- Sebelum dikalikan, jari yang dilipat / ditekuk misalnya sebagai berikut
• Nilai 1 ( satu ) jari yang ditekuk = 6
• Nilai 2 ( dua ) jari yang ditekuk = 7
• Nilai 3 ( tiga ) jari yang ditekuk = 8
• Nilai 4 ( empat ) jari yang ditekuk = 9Langkah II : Setelah ditekuk kita dapat melihat dengan cara:
a) Nilai setiap jari tangan kanan dan kiri yang ditekuk adalah 10. Jumlah jari yang ditekuk ada 5 ( 2 + 3 ) maka nilainya 50,
b) Jumlah jari tangan kiri yang tidak ditekuk dikalikan dengan jumlah jari tangan kanan yang tidak ditekuk ( 2 X 3 = 6 ),
c) Jadi hasil kali dari 8 X 6 ? 50 ( point a ); kemudian dijumlahkan dengan hasil point b, maka hasil akhirnya 50 + 6 = 56.
Selamat mencoba!!

 

Baca 3764 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task