Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081344259201, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Kamis, 28 Februari 2013 05:46

PENANAMAN NILAI- NILAI AGAMA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

Ditulis oleh  SHOBIYATUN, S.Ag
Taksir item ini
(0 pilihan)

Oleh: SHOBIYATUN, S.Ag
Guru Pendidikan Agama Islam  SD N 1 APO

Saat ini, pendidikan karakter atau pendidikan yang berdasar pada pembentukan karakter siswa menjadi banyak dibicarakan di dunia pendidikan maupun di kalangan masyarakat umumnya. Kebutuhan akan pendidikan yang dapat melahirkan generasi bangsa sangat dirasakan karena degradasi moral yang terus menerus terjadi pada saat ini dan nyaris membawa bangsa ini pada kehancuran. Bukti nyata akan degradasi moral generasi bangsa ini sering kita lihat di layar kaca.
Pendidikan karakter merupakan konsep lama yang dibuka kembali. Dulu, pendidikan karakter pernah diterapkan dengan nama pendidikan budi pekerti di sekolah-sekolah. Salah satu lembaga pendidikan yang sejak dulu dan hingga saat ini masih menanamkan pendidikan karakter adalah pondok pesantren.

Alangkah indahnya jika anak-anak didik kita sejak awal ditanamkan pendidikan karakter. Dengan sendirinya  karakter bangsa ini akan  terbangun . Bila bangsa tersebut memberikan perhatian yang cukup untuk membangun karakter maka akan terciptalah bangsa yang berkarakter. Bila sekolah dapat memberikan pembangunan karakter kepada siswa-siswinya, maka akan tercipta para siswa yang berkarakter. Demikian pula sebaliknya. Kita faham Tuhan tidak merubah keadaan suatu kaum bila mereka tidak berusaha melakukan perubahan itu.
Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai mata pelajaran agama yang masuk dalam sistem pendidikan nasional. PAI harus mampu menumbuhkan kesadaran para siswa tentang pentingnya nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sejak awal. Oleh karenanya, penekanan mata pelajaran PAI adalah pada pembentukan akhlak dan kepribadian yang baik atau boleh dikata karakter bangsa yang baik. Hal ini dikarenakan agama Islam diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW tidak lain adalah untuk memperbaiki akhlak manusia sehingga memiliki akhlak yang terpuji.

Baca 2223 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task