Jalan Raya Kotaraja Telp. (0967) 581614, 081298338027, Pemasaran/langganan:   081387520442, Hunting: 08124870241, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Rabu, 30 Januari 2013 09:38

Jembatan Hamadi-Holtekam Akan Seperti Jembatan Sydney

Taksir item ini
(0 pilihan)

JAYAPURA — Rencana pembangunan jembatan yang akan menghubungkan Hamadi dengan wilayah Holtekam telah menunjukkan kemajuan. Yang terbaru adalah dengan telah ditentukannya desain yang akan dipilih dari 4 pilihan desain yang ada.
Jembatan rangka baja yang dituturkan oleh Wakil Walikota Jayapura Dr. H. Nur Alam adalah model  dan desain seperti Jembatan Sydney (Sydney Harbour) yang telah disetujui dan dipilih oleh pihak pusat dalam upayanya melakukan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia.
Pemilihan rangka baja sendiri dijelaskannya bukan hanya karena mempertimbangkan sisi anggarannya saja, tapi lebih karena disesuaikan dengan kondisi geografis di lokasi pembangunan.
“Ya memang ini (rangka baja) yang paling murah, tapi bukan karena itu dipilih, tapi karena model ini dipandang yang paling cocok dengan keadaan tanah yang ada, karena jembatan ini juga direncanakan untuk digunakan hingga 100 tahun,” tutur Alam kepada wartawan di ruang kerjanya pada Senin (28/01) siang.
Bahkan selain telah ditentukannya model jembatan, ungkap Alam, pemerintah akan segera melakukan tender struktur manajemen konstruksi setelah ijin prinsip yang diperlukan keluar.

Dijelaskannya untuk proyek pembangunan yang sifatnya multy years memang dibutuhkan hal seperti itu sesuai dengan perundang-udangan yang berlaku.
 Untuk saat ini, pemerintah sendiri sedang melakukan Analisa Menyeluruh Dampak Lingkungan (AMDAL) di area yang diperkirakan akan dijadikan tempat pembangunan jembatan tersebut.
Dan diperkirakan proses yang akan memakan waktu setidaknya 3 bulan ke depan akan rampung pada Bulan Maret 2013 mendatang.
Mengenai pembiayaan, Alam menyebut untuk pembangunan jembatan seluruhnya akan menggunakan dana APBN, sementara Pemkot sendiri akan dibebani pada pembangunan Jalan Pendekat yang mencapai 517,5 meter dan 333 meter, dan itupun akan menggunakan system sharing antara APBD Kota Jayapura dengan dana Otsus.
Untuk rincian teknis jembatan yang akan menelan biaya ratusan milyar Rupiah diantaranya adalah 299,4 meter untuk jembatan pendekat, panjang jembatan utama 450 meter.
Sedangkan lebar jalan yang ada dijembatan nantinya adalah 2 x 6,5 meter dengan rincian 2 x 4,5 meter untuk jalan kendaraan roda 4 dan 2 x 2 meter untuk jalan kendaraan roda 2 dan pejalan kaki. (ds/aj/lo2)

Baca 434 kali

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.


Anti-spam: complete the task