HUT GIZI  ke – 2 di Karubaga Berlangsung Meriah

0
22

 Karubaga- Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara menggelar hari ulang tahun gizi ke – 2 yang jatuh pada tanggal,10 Juni 2016. Pada perayaan  hut gizi tersebut dihadiri ribuan anak dan ibu hamil yang menerima layanan Program gizi 1000 hari pertama kehidupan Tolikara. Kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah di gedung gereja GIDI Yerusalem Kota karubaga Tolikara Jumat,10 Juni 2016.

Praktisi Tim Kesehatan Kabupaten Tolikara Yusak Totok Krido Sasono mengatakan pada awalnya sejak digulirkan program 1000 hari pertama kehidupan HPK ini 10 Juni  2014 saat itu anak – anak dan ibu – ibu hamil menerima layanan program gizi ini hanya di kota Karubaga dan sekitarnya lebih dari 100 orang. Namun setelah menerima pelayanan program gizi ini sangat baik sehingga pada tahun yang sama jumlah penerima layanan program 1000 HPK terus bertambah meningkat hingga mencapai lebih dari 500 hingga sekarang sudah mencapai lebih dari 1000 orang di seluruh Tolikara.

Dijelaskannya tim program gizi ini memiliki posyandu di kota Karubaga dan sekitarnya sebanyak 8 posyandu. Selain di Kota Karubaga di sejumlah Distrik lain yang sudah terhubung jalan darat juga menerima program gizi 1000 HPK ini.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara Yusak Totok Krido Sasono mengakui hasil pelayanan program 1000 HPK ini memberikan dampak yang sangat luar biasa. Angka penderita penyakit anak sudah tertekan menurun selain itu angka kematian ibu hamil saat bersalin sudah tidak ada lagi,suatu perubahan yang patut di tingkatkan.

“ Saya melihat data di Rumah Sakit Umum Tolikara bahwa angka penderita penyakit pada bayi dan angka kematian ibu hamil saat bersalin sejak digulirkannya program gizi 1000 HPK ini sangat menurun jauh bahkan akhir – akhir ini sudah tidak ada lagi. Kondisi ini tercipta berkat adanya dukungan tim kesehatan gizi yang dengan hati yang tulus setia melayani,walaupun menghadapi berbangai tantangan yang sangat sulit seperti menghadapi kondisi jangkauan daerah dan bahasa saat pelayanan yang sangat sulit. Saya berharap kepala Dinas baru yang mengantikan saya Ronal manurung bisa melanjutkan pelayanan mulia ini dan berbuat lebih baik dari sekarang”, Ujar Yusak totok s.

Sementara itu ketua tim gizi terpadu Tolikaradr. Eko soitusa mengakui sangat senang dan gembira menyambut hut gizi yang ke-2 ini karena hanya dengan pertologan Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga dirinya bersama tim dan anak – anak serta ibu – ibu hamil program gizi ini dapat mengelar hut gizi dengan baik. Dirinya juga memberikan pengargaan tinggi kepada pemerintah Kabupaten Tolikara terutama Bupati Tolikara Usman g. Wanimbo yang memberikan perhatian dan dukungan yang besar terhadap bidang kesehatan sehingga program gizi 1000 hpk ini dapat terus meningkatkan pelayanan dengan baik.

Hal senada di ungkapkan oleh tim Deteksi Tumbuh Kembang Anak ddtk Desi sandabuga menjelaskan sudah genap 2 tahun kami melakukan pelayanan medeteksi tumbuh kembang anak selama masih dalam program gizi anak. Hingga sampai saat ini kami belum menemukan anak – anak yang memiliki kelainan sejak lahir,kalaupun ada namun dengan penanganan kami anak – anak itu sudah bertumbuh dengan baik. Jadi anak – anak yang menerima layanan ddtk tidak titemukan adanya kelainan semuanya bertumbuh sangat baik.

Pada hut gizi anak dan ibu hamil itu di hadiri ratusan penerima layanan program 1000 hpk dan juga beberapa pejabat pemerintah Kab. Tolikara. Hingga kegiatan tersebut berakhir pada sore hari dengan tertib dan aman. (humas/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*