Dinkes Minta UP2KP Sosialisasi Penggunaan Dana KPS

0
27

JAYAPURA, – Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Provinsi Papua meminta Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) menyosialisasikan alur penggunaan dana Kartu Papua Sehat.

“Kami minta kepada UP2KP agar menyosialisasikan alur penggunaan dana Kartu Papua Sehat karena sekarang kami kena kasus dituduh menggunakan dana KPS,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kota Jayapura Helda Walli di Jayapura, Sabtu.

Helda berharap sosialisasi dilakukan lewat media di antaranya di RRI atau di TVRI Papua agar masyarakat umum mengetahui dana pembiayaan kartu sehat tersebut.

“Melalui media itu mungkin bisa dimengerti alurnya. Kami minta tolong UP2KP juga membantu menjelaskan penggunaan dana KPS itu dimana saja bukan hanya khusus di rumah sakit,” ujarnya.

Menurutnya, penggunaan dana KPS itu harus diklarifikasi bahwa KPS itu hanya di rumah sakit, proses penggunaan dana KPS itu alurnya seperti apa kemudian di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota itu seperti apa.

“Yang jelas di SKPD baik dimasing-masing kabupaten dan kota di Provinsi Papua, tidak ada dana KPS hanya ada dana otsus, hal ini yang belum dipahami bersama,” ujarnya.

Helda mencontohkan, seperti bagimana proses penggunaan dana otsus di perencanaan sampai pelaksanaan, itu dijelaskan supaya tidak membuat masyarakat berpikir bahwa dana KPS itu juga ada di Dinas Kesehatan.

“Dana KPS itu ada di puskesmas dan di rumah sakit, padahal kalau di puskesmas tanpa dana KPS selama ini pelayanannya tetap gratis, masyarakat datang berobat itu tetap dilayani secara gratis, mau ada dana atau tidak tetap gratis,” ujarnya.

Dia menambahkan, sosialisasi terkait hal itu penting untuk mencegah jangan sampai terjadi miskomunikasi antara Dinas Kesehatan, puskesmas dan rumah sakit serta masyarakat umum.(ant/tis)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*