Dana Desa Yahukimo Rp 185 M Sudah Tersalurkan Habis

0
21
foto: Anggota DPRD/ Pansus Dana Desa Yahukimo Esau Miran
foto: Anggota DPRD/ Pansus Dana Desa Yahukimo Esau Miran

JAYAPURA – Anggota Pansus Dana Desa DPRD Yahukimo Esau Miran menyatakan, Rp. 185 Miliar Dana Desa 2016 tahap pertama sudah tersalurkan. Penyaluran Dana dilakukan sendiri oleh Bupati dengan pengawasan langsung anggota DPRD dari lima dapil bersama BMPK . TNI/POLRI juga dilibatkan dalam penyaluran Dana tersebut.

Sejak penyaluran Dana Desa di lakukan sampai saat ini, tak ada complain dari warga di Kampung, semua aman aman saja.” Semua penyaluran Dana Desa di 517 Kampung sudah rampung seluruhnya, tepatnya di 21 titik. “Dana ini dari Pemerintah pusat tidak singgah di rekening Pemerintah Daerah Yahukimo melainkan disalurkan langsung ke masyarakat lewat bank untuk diteruskan ke masyarakat”, ujar Esau Miran dalam keterangannya kepada Bintang Papua, Kamis(13/10/2016)

Esau Miran menegaskan, bila ada sekelompok atau anggota Pansus yang memberi statemen tentang tidak disalurkannya Dana Desa di beberapa kampung atau dapil, statamen itu keliru, sebab penyaluran Dana Desa langsung mendapatkan pengawasan 35 anggota DPRD, mereka anggota DPRD terlibat saat itu.

Kemungkinan saat pendistribusian dilakukan, ataupun terjadi pemotongan, maka saat itu, beliau anggota Pansus Dana Desa itu tidak hadir di dapilnya.

Miran menegaskan, dalam pemerintahan baru bupati dan wakil na bupati Abock Busup dan Yulianus Heluka baru pertama kali dilakukan pendistribusian Dana Desa dengan melibatkan anggota DPRD, BMPK dan semua pihak, semua dana tersalur hingga ke kampung dan dilakukan transparan, masing masing dapil diikutkan termasuk pihak Bank Papua, semua turun sehingga tidak ada sedikitpun cela untuk dilakukan pemotongan. “Saya menegaskan semua sudah tersalur,” ujar Esau Miran.

Sementara Pansus yang telah dibentuk di DPRD Yahukimo untuk Dana Desa sudah dibentuk Pak Giban sebaga Ketua Pansus . Pansus Dana Desa ini Pansus yang terbentuk sejak 2015 lalu, bukan Pansus yang dibentuk 2016.

Pansus Dana Desa yang dibentuk 2015 adalah Pansus yang terebentuk karena adanya temuan atau indikasi penyalagunaan Dana Desa senilai Rp. 21 miliar periode 2015 pada pemerintahan sebelumnya. ( Ven/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*