Bupati Yapen Resmikan Distrik Persiapan Arui Sai

0
74
FOTO: Bupati Tonny Tesar berfose bersama Ketua DPRD, Dandim, Waket I DPRD dan Wakapolres usai peresmian Distrik Persiapan Aruisai. Ft. Binpa/Tamrin.
FOTO: Bupati Tonny Tesar berfose bersama Ketua DPRD, Dandim, Waket I DPRD dan Wakapolres usai peresmian Distrik Persiapan Aruisai. Ft. Binpa/Tamrin.

SERUI – Dalam rangka memperpendek rentang kendali penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan pada Distrik Yapen Selatan serta memperhatikan kewenangan, karakteristik, sosial budaya, potensi daerah, adat, jumlah penduduk dan ketersediaan sumber daya aparatur, maka aspirasi pembentukan Distrik persiapan Aruisai membawahi 5 Kampung yaitu Kampung Serui Laut, Kampung Nundawipi, Kampung Pasir Putih, Kampung Pasir Hitam dan Kampung Bawai. Sedangkan Ibukota Distrik Arusai berkedudukan di Kampung Pasir Putih.

Pelaksana Tugas Distrik Persiapan Aruisai di jabat oleh Rifaldo Kwando, SSTP. Pengajuan Distrik Aruisai telah diaspirasikan para tokoh-tokoh dari Kampung Serui laut, kemudian ditindak lanjuti sejak tahun 2011, akhirnya sudah di bahas, tetapi secara perlahan pemekaran Distrik harus terwujud. Karena itulah, Distrik Persiapan Arusai sebagai cikal bakal menuju terbentuknya Distrik Defenitif.

Demikian ditegaskan Bupati Yapen, Tonny Tesar, S.Sos pada peresmian Distrik persiapan Aruisai, menjelang petang sore kemarin, di Kampung Pasir Hitam. Terkait isu, tentang peresmian Distrik Persiapan yang banyak protes, Bupati mengemukakan yang melakukan protes yang tidak paham.

Peresmian Distrik persiapan, sesuai aturan dan Undang-Undang yang berlaku, sebagaimana keinginan dan harapan masyarakat, katanya, seraya menambahkan peresmian Distrik Persiapan adalah sah. Jangan kuatir, pemerintah akan terus perjuangkan untuk mendapatkan kode hingga lahirnya suatu Peraturan Daerah.

Pada kesempatan, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada 5 kerek atau Marga yang sudah rela menyerahkan sebidang tanah untuk membangun kantor Distrik ke depan. Sementara penyerahan sebidang tanah dari pemilik hak ulayat di wakili K. Antaribaba penyerahan hak ulayat adat pembangunan Kantor Distrik kepada Pemerintah Yapen langsung di terima Bupati Tonny Tesar.

Acara peresmian Distrik Persiapan Aruisai, diawali penjemputan secara adat oleh suku Aruisai kepada Bupati bersama rombongan, mulai penerimaan pengalungan bunga, adat injak piring, dan pengguntingan pita pembukaan selubung papan nama Distrik Persiapan Aruisai.

Sementara animo warga suku Aruisai dan 5 marga atau Kerek sangat tinggi dengan hadirnya kurang lebih seratus lima puluh warga masyarakat, hadir pula unsur Forkopimda, Waket I DPRD Yapen, Yohanis G Raubaba, S.Sos, para pejabat teras dan pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten kepulauan Yapen, Kadistrik Yapen Selatan dan para pejabat dan staf Distrik Yapen Selatan serta 5 Kepala Kampung bersama aparatnya.(tam/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*