Bupati Yapen Lantik 25 Bamuskam Se-Distrik Wonawa

0
7

SERUI – Bupati Yapen, Tonny Tesar, S.S.os melantik dan mengambil Sumpah/Janji Ketua dan anggota Bamuskam Se-Distrik Wonawa, di pasar Woi, siang kemarin. Untuk sampai ke Distrik Wonawa Bupati dan Muspida bersama rombongan lainnya, menggunakan moda trasportasi Motor Speed Boat kantork BNPD dan Speed Boat Polairud Polres Yapen.

Pagi itu, cuaca gelap dan hujan deras, sehingga jadwal Bupati bersama rombongan, seharusnya berangkat pukul.06.00 WIT di pelabuhan Serui Laut, terpaksa harus molor selama satu jam lebih. Sekitar pukul 07.15 WIT, akhirnya speed boat yang membawa Bupati bersama rombongan yang dinakhodai, Yairus dan Kanggunum, sekitar pukul 10.25 WIT akhirnya, masuk di pelabuhan Woi, yang disambut Kadistrik Wonawa dan para Kepala Kampung.

Dilantiknya Ketua dan anggota Bamuskam Se-Distrik Wonawa yang tersebar di 5 Kampung, masa bhakti 2016-2022, hendaknya mampu bekerjasama dan mengawasi kinerja Pemerintah Kampung, khususnya pengawasan dana Kampung yang diluncurkan di Kampung-Kampung. Demikian dimintakan Bupati Tonny Tesar, S.Sos dihadapan Bamuskam, Kepala Kampung dan aparat Kampung serta warga masyarakat, di Woi siang kemarin.

Dilantiknya pimpinan dan anggota Bamuskam Se-Distrik Wonawa diharapkan mampu berperan aktif dalam memberi kontribusi setinggi-tingginya berupa karya, karsa dan cipta sesuai kapasitas masing-masing Bamuskam.

Disamping itu, hadirnya Bamuskam di masing-masing Kampung untuk periode 2016-2022, hendaknya mampu menunjang tercapainya titik keberhasilan pembangunan sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

Menyandang predikat sebagai anggota Bamuskam, tentunya memiliki kapasitas ganda yaitu selain sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam hal mengawasi kinerja aparatur pemerintah kampung, Bamuskam juga berfungsi sebagai penampung serta penyalur aspirasi masyarakat Kampung, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor tahun 2014 pasal 55.

Bamuskan dituntut seoptimal mungkin untuk mengawal dan mengawasi tata kelola pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan. Semua tugas dan fungsi Bamuskan bisa efektif berjalan, diakui Bupati, apabila mendapat dukungan sepenuhnya dari anggota masyarakat, sehingga akan bermuara pada terciptanya hasil pembangunan secara adil dan merata berdasarkan asas demokrasi, dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Lebih jauh Bupati mengemukakan bahwa pengelolaan dana Kampung selama dua tahun anggaran berjalan akan lebih terarah dan efektif, apabila Bamuskam melakukan pengawasan yang baik, dan melakukan kordinasi yang baik dengan aparatus pemerintah Kampung, sehingga sasaran dan tujuan rencana atau program dari dana Kampung dapat direalisasikan untuk pembangunan di Kampung.

Kepedulian serta keseriusan pemerintah kabupaten kepulauan Yapen terhadap kesinambungan pelaksanaan pembangunan pada berbagai wilayah Distrik dan perkampungan seiring perputaran waktu dewasa ini, semakin teraplikasi dengan dilakukannya pembangunan secara bertahap di berbagai bidang pada kawasan-kawasan yang masin terisolir serta jauh dari jangkaun Ibukota.

Upaya yang dilakukan ini, dengan dilantiknya pimpinan dan anggota Bamuskan di 104 Kampung Se-Kabupaten Kepulauan Yapen, tentunya bertujuan agar terjadi keselarasan dan keseimbangan tingkat kesejahteraan antara masyarakat pada wilayah tersebut dengan masyarakat Ibukota, serta berdampak positif bagi terpenuhinya berbagai aspek kebutuhan hidup. Agenda kegiatan Bupati bersama rombongan, dilanjutkan di Distrik Yapen Barat. [tam/don]

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*