BI Dorong Perbankan Salurkan Kredit Mikro

0
18

JAYAPURA  – Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua, Joko Supratikto, mendorong perbankan untuk tetap menyalurkan kredit mikro kecil dengan baik.

Pasalnya, selama ini usaha mikro kecil masih sulit mengakses ke perbankan terutama kredit, karena bank dalam menyalurkan kredit penuh kehati-hatian.

“Kami akan mendorong perbankan untuk menyalurkan kredit mikro kecil ini dengan baik, dengan mengeluarkan kebijakan penyaluran kredit sebesar 20 persen hingga tahun 2018,“ terang Joko, usai kegiatan One Day with Bank Papua, di halaman kantor pusat Bank Papua, Jumat (14/10) pekan kemarin.

Joko mengungkapkan, jika bank tidak penuh kehati-hatian dalam menyalurkan kredit, maka akan berimbas pada operasional bank itu sendiri dan mengganggu perekonomian secara keseluruhan.

Menurutnya, akses masyarakat ke bank di Papua sangat rendah dalam hal mengakses keuangan masyarakat dibandingkan didaerah luar Papua. “Hal ini disebabkan karena adanya demografi di Papua dengan jumlah bank yang cukup banyak. Seperti, masyarakat yang ada di pedalaman masih sulit menjangkau perbankan,”  papar Joko.

Jokopun berharap agar kedepan, BI terus mendorong perbankan terutama Bank Papua yang merupakan bank daerah, sehingga bisa membuka jaringan di semua kabupaten/kota di Papua. (nia/tis)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*