BCA Kembali Gelar Pelatihan Guru-Guru di Wamena

0
23
Foto : Keluarga besar PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) ketika foto bersama dengan 34 guru usai mendapat pelatihan guru, Rabu (12/10/2016). (Ist/binpa)
Foto : Keluarga besar PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) ketika foto bersama dengan 34 guru usai mendapat pelatihan guru, Rabu (12/10/2016). (Ist/binpa)

JAYAPURA –  PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali memberikan perhatiannya terhadap pendidikan anak bangsa, melalui pelatihan guru di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Rabu (12/10/2016) lalu, dengan tema “Menjadi Guru yang Menginspirasi”.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari itu dibuka langsung Sekretaris Dinas Pendidikan, Jayawijaya, Bambang Budiandoyo di hotel Baliem Pilamol, dihadiri Edy Hartono dan Dian Prawitasari Internal Trainer BCA 34 tenaga pendidik mendapatkan pelatihan.

General Manager Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati, mengatakan, program pelatihan yang dilakukan BCA ini untuk  memberikan edukasi kepada tenaga pengajar dalam meningkatkan pendidikan sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Tujuannya, bagaimana menciptakan suasana belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, sehingga pelajaran akan lebih mudah diserap dan dipahami oleh siswa,” katanya.

Tidak hanya itu,  kata Setiawati, tujuan lain dari pelatihan ini adalah ingin menumbuhkan kesadaran guru untuk meningkatkan kualitas dalam bekerja, sebab guru menjadi role model dalam berpikir, berkata dan berperilaku positif.

“Jadi, Internal Trainer BCA akan menyampaikan materi keterampilan membangun hubungan dan suasana pada sesi pertama, lalu dilanjutkan dengan pendalaman mengenai menyusun RPP yang efektif dan menarik pada sesi kedua,” paparnya.

Mengenai materi, ucap Setiawati, pihaknya memberikan beragam materi menarik lainnya yakni keterampilan teknik dasar komunikasi, mendorong CBSA dengan metode TANDUR, serta memotivasi siswa belajar dengan komunikasi personal.

Ditandaskannya, pelatihan guru-guru di Papua merupakan bentuk nyata kepedulian serta perhatian BCA untuk mengembangkan para pendidik di Indonesia.

Dimana, program peningkatan kualitas tenaga pendidik di Papua ini sejalan dengan program Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang memberikan bantuan peningkatan kualifikasi kepada sekitar 1.000 guru di Papua, secara khusus di Kabupaten Merauke.

Selain program tersebut, pemerintah juga menggalakkan program Guru Garis Depan, yaitu mengalokasikan 3.500 guru untuk ditempatkan Aceh, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

“Kami menyadari peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab semua pihak. BCA berterima kasih dan bangga dapat mendukung dan membangun pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan itupula, Setiawati,  berharap kontribusi dari BCA akan membawa perubahan positif di sekolah dan masyarakat, sehingga anak-anak akan memiliki semangat belajar yang tinggi.

“Pelatihan ini bukanlah yang pertama dilakukan. Pada tahun 2015 BCA telah mengadakan pelatihan serupa untuk guru-guru di empat lokasi di Papua, yaitu Timika, Sorong, Wamena, Manokwari dengan mengangkat tema ”Menjadi Guru Yang Menginspirasi”.

Lebihlanjut disampaikan Setiawati, bahwa pelatihan tersebut, BCA mengedukasi sekitar 130 tenaga pengajar dan kami berharap hasil pelatihan sudah dapat dirasakan dari cara guru-guru tersebut mengajar saat ini.

Dimana, pelatihan guru ini merupakan implementasi dari salah satu pilar Bakti BCA, yakni Solusi Cerdas. “Melalui pilar Solusi Cerdas kami berupaya aktif mengembangkan program-program maupun bekerja sama dengan lembaga yang berkompeten untuk meningkatkan pendidikan masyarakat Indonesia,” tutup Inge.

Sementara itu, 34 tenaga pendidik untuk tingkat pendidikan SD, SMP, SMA mendapatkan pelatihan yang disampaikan oleh Edy Hartono dan Dian Prawitasari Internal Trainer BCA. (Loy)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*