Barcelona Vs Madrid Persaingan 90 Menit Terakhir

0
3
Messi dan Ronaldo
Messi dan Ronaldo

JAKARTA – Liga Spanyol memasuki pekan terakhir dengan dua klub berpeluang jadi juara.Tinggal 90 menit tersisa di musim ini, Barcelona atau Real Madrid yang menangi liga?

Barcelona dalam posisi lebih diunggulkan dan diuntungkan memasuki pekan 38, Liga Spanyol.Dengan poin 88 mereka ada di puncak klasemen dan unggul satu angka dari Madrid.

Keunggulan lainnya yang dipunya Barca atas Madrid adalah mereka lebih baik dalam pertemuan head to head musim ini (menang 4-0 di Santiago Bernabeu dan kalah 1-2 di Camp Nou). Bukan itu saja, saat ini selisih gol Blaugrana juga lebih bagus dibanding El Real (+80 : +74).

Kemenangan akan memastikan Barcelona meraih titelnya yang ke-24. Jikapun kalah, skuat besutan Luis Enrique tetap bisa mengangkat trofi juara dengan catatan Madrid bermain imbang.
Tapi peluang Barcelona kalah di akhir pekan ini sangat kecil, sekalipun mereka bakal menjalani laga away.Lawan yang dihadapi Barcelona adalah Granada, klub yang kini duduk di posisi 16 klasemen. Granada sudah dipastikan terlepas dari ancaman degradasi, kondisi yang membuat mereka tampil tanpa motivasi apapun selain meraih kemenangan atas sang juara bertahan.

Dari sembilan pertemuan kedua tim di La Liga, Barcelona meraih delapan kemenangan, sementara Granda kebagian satu kemenangan. Pada pertemuan pertama musim ini Barca menang 4-0.Sementara musim lalu di kandang Granada, kemenangan 3-1 didapat Barcelona.

Bagaimana dengan Madrid?

El Real bakal menghadapi lawan yang di atas kertas harusnya bisa mereka lewati dengan mudah. Klub yang akan dihadapi Cristiano Ronaldo cs adalah Deportivo La Coruna, dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Riazor. Super Depor kini ada di posisi 13 klasemen, dan cuma sekali menang dalam 11 pertemuan terakhir dengan Los Merengues (W1 D1 L9).

Dikutip dari detikSPort.Di awal tahun sampai separuh tahun 2000-an Deportivo memang sempat sangat merepotkan Madrid. Tapi saat ini El Real jauh dominan atas lawannya itu.Lihat saja kemenangan 5-0 yang didapat Madrid di paruh pertama musim ini. Sementara musim lalu El Real secara agregat unggul 10-2 atas lawan yang sama (2-0 dan 8-2).

Faktanya, dalam empat musim terakhir Madrid setidaknya bisa meraih kemenangan lebih dari lima gol di salah satu pertemuan dengan Deportivo.

Jika sampai kalah, Madrid bukan hanya akan gagal peluang jadi juara. Mereka juga terancam digusur Atletico Madrid dan turun ke posisi tiga. Atletico, yang saat ini tertinggal dua angka di belakang Madrid, akan menjamu Celta Vigo.

 

Zona Degradasi

Jika sang juara juga penghuni posisi dua dan tiga belum bisa dipastikan, jatah ke Eropa justru sudah diketahui hasilnya. Tiket Liga Champions sudah pasti diraih Barcelona (88), Madrid (87), Atletico (85), dan terakhir Villarreal (64).

Sementara jatah ke Liga Europa menjadi kepunyaan Celta Vigo (60), Athletic Bilbao (59), Sevilla (52).Perubahan posisi masih memungkinkan terjadi antara Celta Vigo dan Bilbao.

Hal lain yang akan dipastikan di pekan pamungkas musim 2015/2016 siapa klub-klub yang akan terdegradasi. Saat ini baru Levante yang dipastikan terdepak dari persaingan La Liga musim depan. Setidaknya masih ada empat klub yang kini berada dalam ancaman serupa yakni Granada (39), Getafe (36), Sporting Gijon (36), dan Rayo Vallecano (35).(binpa/ari)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*