300  Siswa  Penari Kolosal Siap Meriahkan Pembukaan MTQ dan Pesparawi

0
24

SENTANI – Pembukaan acara pencanangan Zona Integritas Kerukunan Hidup Beragama di Kabupaten Jayapura yang akan dilaksanakan hari ini Sabtu (29/5), bakal dimeriahkan oleh 300 penari kolosal dalam tari Kenambay.  Sebanyak 300 penari yang terlibat dalam tari kolosal Kenambay ini direkrut dari setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kota Sentani.

 Koordinator tari Kolosal, Marshall Suebu,  ketika ditemui saat melakukan gladiresik di Stadion Bas Youwe Sentani mengatakan bahwa ceritera Tari Kolosal yang dibuat ini menggambarkan bagaimana semua masyarakat di Kabupaten Jayapura ini dapat hidup bersama dalam perbedaan di dalam satu rumah.

” Kenambay ini adalah bahasa Sentani yang artinya satu hati, tari kolosal ini juga menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat Kabupaten Jayapura yang hidup dari berbagai suku, budaya, ras dan agama tetapi tetap bersatu,” jelasnya di SBY, Jumat (27/5).

Dikatakannya, sejalan denga program Pemerintah Daerah tentang Kabupaten Layak Anak maka ini adalah ruang bagi mereka untuk berekspresi dan menyalurkan bakat mereka.

 “Walaupun para penari yang terlibat dalam tari kolosal ini datang dari latar belakang masing-masing tetapi mereka dapat menampilkan semua kemampuan mereka secara khusus di bidang seni dan tari. Ini juga bagian dari ruang bagi merekaewujudkan Kabupaten layak Anak, sesuqi dengqn program Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Koroegrapher tari,  Jimmy Ondy tersebut mengaku, semua formasi ywng dibuat dalam formasi tari yang ditampilkan ini memang benar-benar menggambarkan bagaiman kerukunan hidup beragama itu sendiri.” Ada sejumlah formadih yang akan dibentuk dalam penampilan tari kolosal ini, semuanya akan digerakakn melalui lagu-lagu Daerah dan umum. Sementara untuk formasinya ada beberapa bentuk formasih seperti “FOI”, dan juga “MTQ” yang akan dibentuk dalqm tarian tersebut,” tandasnya. (yft/don)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*